Ini 10 Jenis Tanaman Hias Daun dengan Perawatan Mudah

Inionline.id – Yuk, coba tren berkebun yang jadi hobi favorit banyak orang di tahun 2021. Tempatkan berbagai jenis tanaman hias di dalam rumah, teras, atau beranda agar hunian menjadi lebih asri. Jika Anda lebih menyukai dedaunan, coba pilih tanaman hias daun. Selain segar dipandang mata, tanaman hias daun juga bisa membantu memperbaiki kualitas udara. Terutama jika Anda memilih tanaman hias yang mampu menyerap racun dari udara.

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa Anda pertimbangkan untuk menyemarakkan rumah Anda.

1. Keladi Hias

Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini memiliki daun yang berwarna-warni dan berbentuk hati. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun.

2. Lidah Mertua

Jenis tanaman hias dengan tampilan yang unik dan juga mudah perawatannya yang pertama adalah lidah mertua. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Lidah mertua yang banyak dijumpai yakni lidah mertua yang memiliki bentuk daun memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya.

Tak hanya cantik, tanaman hias daun yang satu ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan.

3. Kaktus

Jenis tanaman hias yang sangat mudah dirawat tentunya adalah kaktus. Ketahanan tanaman ini sudah terkenal dan sangat mudah untuk merawatnya. Namun, pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak. Aneka Ragam jenis dan warna kaktus yang bisa kamu pilih, cocok ditanam dipot untuk menghiasi rumah kamu antara lain Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonus, Echinocactus grusonii, Haworthia attenuata dan sebagainya.

4. Monstera

Jenis tanaman hias satu ini tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang.

Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

5. Philodendron

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak.

Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.

6. Sirih Belanda

Selain meletakkan tanaman dalam pot di atas meja maupun di sudut rumah, salah satu cara menarik adalah dengan pot gantung. Tanaman Sirih Belanda ini termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Peralatannya sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

7. Janda Bolong

Jenis tanaman hias satu ini begitu populer di masa pandemi ini. Masih masuk dalam keluarga Monstera, Janda Bolong memiliki nama lain Monstera adansonii yang memiliki bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya.

Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

8. Sri Rejeki

Jenis tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya. Terdapat banyak jenis tanaman hias Sri Rejeki yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan rumah.

Tidak usah khawatir dalam merawatnya, karena tanaman ini tidak perlu perawatan yang sulit dan ribet. Ada beberapa jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dipilih seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

9. Suplir

Adiantum cuneantum atau biasa disebut dengan tanaman suplir merupakan jenis tanaman hias yang memiliki ukuran daun kecil, majemuk dan berwarna hijau segar. Tanaman ini menyukai tempat yang lembap, udara bersih, dan sedikit sinar matahari.

10. Kuping Gajah

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas jenis tanaman hias ini tampak seperti tanaman keladi.

Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung warnanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daun terdapat guratan uratnya yang menonjol berwarna putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.