Banjir di Lombok Barat, 400 Rumah Terdampak

Berita057 views

Inionline.id – Banjir bandang terjadi di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB, pada Jumat (29/1) hingga Sabtu (30/1) malam. BPBD setempat mencatat jumlah jiwa yang terdampak banjir sebanyak 900 orang dan jumlah rumah terdampak sebanyak 400 unit.

“Yang paling parah di Sekotong Barat, karena ada kendaraan bermotor milik warga yang rusak. Pendataan masih berjalan karena curah hujan masih tinggi,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Lombok Barat Mahnan, Sabtu (30/1).

Kecamatan Sekotong mulanya diterjang banjir bandang pada Jumat (29/1), sekitar pukul 20.30 Wita. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai di wilayah tersebut meluap dan masuk ke persawahan serta pemukiman warga.

Pada Sabtu malam, banjir kembali menerjang Kecamatan Sekotong, akibat hujan yang mengguyur sejak siang hari. Ketinggian air mencapai paha orang dewasa.

Data Kepolisian Sektor Sekotong tercatat desa yang terdampak banjir bandang adalah Desa Sekotong Barat, Pelangan, Buwun Mas, Cendi Manik, Sekotong Tengah, dan Taman Baru.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, namun sejumlah rumah penduduk rusak dan beberapa sepeda motor warga mengalami kerusakan akibat tertimpa material yang runtuh.

Hingga saat ini, tim masih berada di lapangan untuk memastikan jumlah warga secara keseluruhan yang terdampak banjir.