Rencana Subang Smartpolitan dan Patimban City Dapat Komentar Dari Anggota DPRD Jawa Barat

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPD REI) Jabar untuk bersama-sama membangun kawasan di Rebana Metropolitan.

Rebana Metropolitan sendiri diproyeksikan menjadi masa depan ekonomi Jabar dengan 13 kota baru di sana, di antaranya Patimban City dan Subang Smartpolitan.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– berujar, pembangunan kota baru akan mengutamakan konsep work, live, and play (bekerja, tinggal, dan bermain) dalam satu kawasan, termasuk perumahan yang tidak berjauhan dengan pabrik.

Menurut Kang Emil, membangun rumah dekat dengan tempat kerja akan menguntungkan tiga pihak: pemilik kota industri, REI, dan para buruh.

Mwnanggapi hal tersebut, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Supono mengatakan bahwa untuk pembangunan di wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak bisa melakukannya sendiri.

“Jadi kelihatannya ini kabinetnya perlu zackhen kabinet yang bagus, artinya semua unit, semua lini bisa tertangani secara sistematis dan simultan,” papar Supono pada Minggu (06/12/2020).

Politisi PAN tersebut menambahkan jika ada penguatan disatu sisi, namun disisi lain terbengkalai, hal tersebut menandakan masalah di sebuah sistem.

“Karena itulah pertama saya mendukung agar kawan-kawan DPRD mengelaborasi lebih lanjut titik lemah dan juga solusi, sistem apa yang harus disampaikan, tetapi yang terpenting adalah recruitment sumber daya manusia yang ada di dinas itu supaya juga di upgrade untuk lebih profesional sehingga semua kegiatan yang ada bisa berjalan dengan baik,” ujar Supono.

Lebih lanjut Supono menegaskan jangan sampai satu kegiatan digenjot tetapi kegiatan yang lain terbengkalai sehingga kerjanya seperti keroyokan saja.