Jabar Explore 2020 Dapat Perhatian Dari Anggota DPRD Jawa Barat

Antar Daerah057 views

Bandung, Inionline.id – Program Jabar Explore 2020 yang digadang-gadang oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat mampu mengembangkan wisata tanah pasundan ini mendapat perhatian dari anggota komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Menurut legislator asal Kabupaten Bogor tersebut, dirinya mengapresiasi niat gubernur pada event tersebut.

“Karena yang diangkat adalah masalah kemandirian masyarakat di badan-badan sungai, curug, situ,” ujar Ichsan.

Kemudian Ichsan pun mengatakan bahwa saat ini dirinya sedang mengadvokasi salah satu situ di wilayah Kabupaten Bogor yaitu Situ Tunggilis, Kecamatan Cileungsi.

“Mereka sudah sampai dalam tahap mengajukan legalitas dari Dinas PSDA, kemudian Kementrian PUPR, tahapannya sudah progresif dan sudah ada petunjuk nanti itu sistemnya sewa,” kata Ichsan.

Lebih lanjut, Ichsan menambahkan bahwa BUMDES setempat dipersilahkan untuk mengelola Situ Tunggilis menjadi objek wisata.

“Jika Situ Tunggilis ini berhasil hingga waktu tahun 2021 ini bisa terlaksana ini adalah stimulan bagi daerah lain di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat pada umumnya,” imbuh Ichsan.

Dirinya mengaku bersemangat untuk memberikan pemberdayaan agar ada kemandirian untuk setiap daerah-daerah yang tersebar di Jawa Barat.

“Namun satu hal lagi, memang ada project-project yang sifatnya penandaannya harus dinotakan pada sisi yang tidak menjadi prioritas, kalau sekedar memberikan perizinan, pengelolaan, tidak menyedot APBD, karena kalau sudah bicara APBD nanti akan debatable mana yang menjadi prioritas mana yang tidak,” terang Ichsan.

Legislator PKS itu pun menambahkan bahwa peran legislatif adalah mengimbangi apakah anggaran itu sudah betul-betul terarahkan, terjadi adanya balance antara OPD dengan OPD yang lain karena pencapaian pembangunannya adalah menjadikan Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi.