VAR Sudah Batalkan 5 Gol Liverpool di Liga Musim Ini

Inionline.id – Dua gol Liverpool ke gawang Brighton & Hove Albion dianulir Video Assistant Referee. Sudah lima kali VAR membatalkan gol The Reds di liga sejak awal musim ini.

Liverpool bernasib apes saat bermain imbang 1-1 kontra Brighton di Ammex Stadium, Sabtu (28/11/2020) malam WIB, pada pekan ke-10 Premier League. Gol Diogo Jota dibalas Pascal Gross lewat tendangan penalti di injury time babak kedua.

Liverpool sebenarnya memiliki kans untuk memenangkan laga tersebut. Skuad asuhan Juergen Klopp itu sempat membuat dua gol lain yang dicetak Mohamed Salah dan Sadio Mane, namun semuanya menguap seiring dengan keputusan VAR.

Gol Salah di babak pertama sirna setelah VAR menilai Si Raja Mesir terkena offside dengan jarak hanya seujung kaki. Sementara itu, gol Mane dianulir VAR lantaran pemain Senegal tersebut dianggap offside saat menanduk bola ke dalam gawang.

VAR turut berperan andil dalam gol Brighton. Teknologi sepakbola termutakhir itu meninjau pelanggaran yang dilakukan Andrew Robertson kepada Danny Welbeck di kotak terlarang, hingga akhirnya penalti diberikan kepada The Seagulls.

Melansir laporan Mirror, ini bukan kali pertama gol Liverpool dibatalkan oleh VAR. Duel Brighton vs Liverpool rupanya menjadi pertandingan keempat di liga dimana ada gol The Reds yang dianulir.

 

Gol pertama Liverpool yang dianulir VAR terjadi dalam Derby Merseyside kontra Everton pada 17 Oktober, yang berakhir imbang 2-2. Jordan Henderson sempat mencetak gol kemenangan di injury time babak kedua, namun itu dibatalkan lantaran VAR sikut Mane offside saat proses terjadinya gol.

Satu pekan berikutnya, VAR kembali menganulir gol Liverpool saat The Reds menang 2-1 atas Sheffield United. Salah sempat mencetak gol di babak kedua, tapi golnya tersebut dianggap offside.

Gol ketiga Liverpool yang dibatalkan VAR terjadi ketika bersua West Ham United pada 1 November. Jota mencetak gol di babak kedua, tapi dianulir setelah VAR memutuskan adanya pelanggaran lebih dulu yang dilakukan Mane.

 

Daftar gol Liverpool yang dianulir VAR sejak awal Liga Inggris 2020/2021:

17/10/2020: Everton 2-2 Liverpool (gol Jordan Henderson dibatalkan akibat offside Sadio Mane)
24/10/2020: Liverpool 2-1 Sheffield United (gol Mohamed Salah dinyatakan offside)
01/11/2020: Liverpool 2-1 West Ham United (gol Diogo Jota dianulir lantaran pelanggaran Sadio Mane)
28/11/2020: Brighton 1-1 Liverpool (gol Mohamed Salah dan Sadio Mane dinyatakan offside).