Maind Potato Melahirkan Petani Kentang Milenial

Berita457 views

Inionline.id – Modoinding terletak di bagian paling selatan Kabupaten Minahasa Selatan Modoinding, adalah daerah dataran tinggi yang dingin dan berhawa sejuk. Modoinding juga terkenal dengan hasil kentangnya yang berukuran super serta sangat melimpah. Tak heran di pintu gerbang Modoinding tertulis kalimat, “Welcome to Modoinding Potato’s Farm” yang menegaskan hasil produksi kentang yang dihasilkan para petaninya.

Berada pada ketinggian 1100-1600 meter dari permukaan laut (dpl), Modoinding merupakan daerah tertinggi di Sulawesi Utara.Suhu udara di Modoinding dingin dan segar. Di Modoinding juga terdapat sebuah danau yang cukup besar, Danau Moat yang menawarkan pemandangan keteduhan sebuah alam. Danau yang terletak di Desa Sinisir ini merupakan sumber air utama bagi penyubur daerah Modoinding. Danau Moat juga punya air panas belerang. Tak heran Sinisir menjadi daerah yang paling subur.

Maind Potato Perusahaan Agroindustri kedepannya mampu hasil pertanian mampu memberikan sumbangan yang sangat nyata bagi pembangunan di kebanyakan negara berkembang karena adanya empat alasan, yaitu: pertama, agroindustri hasil pertanian adalah pintu untuk sektor pertanian. Agroindustri melakukan transformasi bahan mentah dari pertanian termasuk transformasi produk subsisten menjadi produk akhir untuk konsumen. Ini berarti bahwa suatu negara tidak dapat sepenuhnya menggunakan sumber daya agronomis tanpa pengembangan agroindustri. Ditempat terpisah George Kuahaty selaku Direktur Utama Maind Potato menjelaskan dengan keterlibatan petani milenial di lahan kentang Maind Potato berangkat dari hobi hingga mampu memproduksi sebagai upaya mendorong kedaulatan pangan. Petani milenial merupakan tombak regenerasi petani Indonesia. Mereka menjadi andalan menuju pertanian 4.0 yang maju, mandiri, dan modern. Inovasi teknologi 4.0 di masa pandemi Covid-19 makin terasa sangat penting dilakukan. Yang awalnya tidak banyak dilihat, tetapi kini terpaksa dilakukan dan makin dipercepat.

Dataran tinggi Modoinding , membawanya pada satu fenomena yang menarik. Hingga sejauh mata memandang, tanaman kentang menghampar dihampir seluruh badan perbukitan. Tanaman kentang memang identik dengan dataran tinggi. Namun, di Modoinding , kentang menjadi produksi sebagian petani. Dedi, pada Jumat (25/9/2020) mengatakan bahwa petani milenial Indonesia sudah terjun langsung memanfaatkan teknologi dari hulu hingga hilir. Hal ini  saat mengawal dan mendampingi petani milenial  Maind Potato untuk mendukung ketahanan pangan wilayah Sulawesi Utara. Dan menyambut baik kunjungan Dewan Direksi PT.Modoinding Argo Industri  di Lahan Maind Potato “kunjungan ini bisa memberikan motivasi serta mencetuskan petani Kentang Milenial di Kabupaten Minahasa Selatan, dan Modoinding khusunya”Dalam kunjungan tersebut. Dimulai dengan diskusi dilanjutkan meninjau tanaman Kentang dan gudang sebagai kesediaan bibit kentang.