Ini Saran Rio Ferdinand Jika MU Mau Cari Pengganti De Gea

Inionline.id – David de Gea mendapatkan sorotan tajam usai Manchester United terdepak di semifinal Piala FA. Rumor-rumor pergantian kiper pun kembali mengemuka di MU.

De Gea dihujani kritik karena dua blunder berujung gol kala MU dikalahkan Chelsea 1-3 di Stadion Wembley, Senin (20/7/2020) lalu. Kiper internasional Spanyol itu gagal mengantisipasi sontekan Olivier Giroud dari jarak dekat, lalu gagal menghentikan sepakan Mason Mount yang sebenarnya tak terlalu kencang dan meluncur tak jauh dari posisinya.

Ini bukan kali pertama De Gea melakukan blunder musim ini. Ia sebelumnya juga dikecam di laga lawan Tottenham Hotspur pada 20 Juni lalu. Eks bek MU dan tim nasional Inggris Rio Ferdinand melontarkan pembelaan.

“Dengar ya, apakah David de Gea sudah bikin kesalahan-kesalahan? Ya, dia membuat kesalahan-kesalahan. Apakah kepercayaan dirinya rendah? Ya, kepercayaan dirinya rendah,” ujar Ferdinand kepada BT Sport, dikutip Metro.

“Tapi apakah dia punya karakter untuk bangkit? Sudahkah dia membuktikan karakternya selama bertahun-tahun? Ya. Ketika dia datang ke Manchester United, dia baru 19 tahun dan langsung ada tanda tanya soal apakah dia cukup bagus, apakah dia terlalu kurus, apakah dia terlalu rapuh, dia disebut tak siap untuk jadi kiper nomor satu Man United.”

“Dia menepis semua hal yang pernah dikatakan tentangnya dengan karakter, kerja keras, determinasi, dan di atas segalanya: kualitas,” imbuh Ferdinand.

Ferdinand lebih jauh menyatakan bahwa MU tak akan punya banyak pilihan kiper kelas dunia untuk direkrut jika memutuskan melepas De Gea. Satu-satunya yang cocok menurutnya adalah kiper Atletico Madrid Jan Oblak, itupun akan membutuhkan ongkos yang sangat besar.

“Betul dia sudah menjalani waktu yang buruk, periode yang buruk, kepercayaan dirinya rendah. Tapi apakah itu berarti Anda lantas menyingkirkannya? Siapa yang mau Anda dapatkan? Jawab saya siapa yang ada di luar sana, yang bisa mereka kejar dan dapatkan,” sambungnya.

“Dean Henderson itu kiper muda, masih merupakan perjudian besar. Siapa kiper di luar sana yang sesungguhnya bisa dibeli sekarang, siapa yang akan datang dan jadi kiper kelas dunia di Manchester United?”

“Satu-satunya yang bisa saya lihat adalah Oblak. Tapi bisakah Anda menariknya dari Atletico Madrid? Kalaupun berhasil, seberapa banyak Anda harus mengeluarkan uang? Jumlah uang yang luar biasa besar. Saya bilang sih mending bertahan dengannya,” tandas Ferdinand.