Sony Ungkap Joystik Baru Untuk PS5

Iptek157 views

Inionline.id – Sony akhirnya memperkenalkan joystik atau controller baru untuk konsol barunya yakni PlayStation 5. Controller ini diberi nama DualSense.

Melansir Busines Insider, DualSense mengusung berbagai teknologi terbaru yang akan cukup jauh dari controller pendahulunya yang kita kenal sebagai DualShock yang telah ada dari pertengahan 90an.

Dari tampilannya saja sudah banyak hal yang berubah, seperti desain yang lebih futuristik dan bodi yang sedikit gemuk dan membulat. Apakah itu saja? Tentu tidak. Berikut adalah fitur yang ada di DualSense.

Haptic Feedback, Trigger Adaptif, dan Microfon Bawaan

Tiga hal di atas adalah fitur terbaru yang ada di DualSense dan tidak ada di controller sebelumnya.

Yang pertama adalah haptic feedback, yang mengganti getaran dari controller yang telah kita kenal sejak dulu, dengan feedback yang lebih realistis. Sony menyebut bahwa jika Anda bermain gim balap dan melewati lumpur, controller akan memberi getaran seakan Anda menyetir di atas lumpur.

Kedua adalah trigger adaptif yang ada di tombol L dan R. Meski nampak seperti tombol, fitur ini akan memberi kepekaan tekanan ketika Anda menekannya. Jadi misal Anda menekan lebih keras, akan ada fungsi yang makin keras, seperti jika menekan pedal gas di mobil, makin di tekan akan makin ngebut.

Terakhir adalah mikrofon, yang memudahkan pemain untuk mengobrol dengan player lain secara online tanpa headset.

Tombol Share Diganti

Di DualShock 4, Sony memperkenalkan tombol Share. Tombol ini memudahkan untuk melakukan stream dari gameplay Anda ke platform seperti Twitch dan Youtube.

Namun di DualSense, tombol ini diganti dengan tombol Create. Tombol ini akan membawa fungsi yang hampir sama, yakni membagikan gameplay sebagai konten.

Namun, Sony masih belum terlalu mengungkap fungsi lebihnya. Pihaknya berjanji akan mengungkapnya jelang peluncuran PS5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *