Jelang PSBB Pemkot Bekasi Perluas Pembatasan Transportasi-Siapkan Sembako untuk Warga

Antar Daerah057 views

Bekasi, Inionline.id – Pemerintah menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Bodetabek. Pemerintah Kota Bekasi mengaku telah menyiapkan pembatasan transportasi hingga sembako bagi warga.

“Segala sesuatunya telah disiapkan, sampai sembako pun,” ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat dihubungi detikcom, Senin (13/4/2020).

Senada dengan Rahmat Effendi, dihubungi secara terpisah Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan Kota Bekasi siap menerapkan PSBB. Menurutnya, terdapat beberapa kebijakan pembatasan yang diperluas salah satunya pembatasan transportasi.

“Kita sangat siap menghadapai PSBB, penerapan isolasi karantina wilayah yang diperluas yaitu, untuk penambahan pembatasan pergerakan orang melalui moda transportasi,” ujar Tri.

“Seperti pengaturan orang dengan kendaraan baik umum maupun pribadi,” sambungnya.

Tri mengaku, penerapan pembatasan transportasi tersebut juga diperlukan dukungan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Hal tersebut guna mengatur physical distancing warga Bekasi di dalam kereta.

“Justru dukungan PT KAI yang sangat dibutuhkan, bagaimana mengatur orang di dalam kereta untuk dapat social dan physical distancing,” tuturnya.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan Jawa Barat sebagai PSBB. Penetapan Jawa Barat ini meliputi, Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, penerapan PSBB di lima wilayah tersebut akan mulai berlaku pada Rabu depan. Dengan pembagian dua tipe pada pelaksanaan PSBB ditingkat kabupaten.

“Bahwa Menteri Kesehatan sudah kirimkan surat persetujuan kemarin sore yang menyatakan lima wilayah di Jabar Melakukan PSBB. Kami Kordinasi dan tetapkan bahwa PSBB ini akan dimulai hari Rabu dini hari 15 April (2020) selama 14 hari. Nanti dievaluasi apakah diteruskan atau dikurangi intensitasnya,” ucap Kang Emil sapaan akrabnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/4/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *