H-1 Larangan Mudik 27.000 Kendaraan Keluar Jakarta via Tol Cikarang

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Puluhan ribu kendaraan keluar dari Jakarta via Tol Cikarang Utama di hari terakhir sebelum larangan mudik, pada Kamis (23/4). Angkanya mengalami peningkatan dibanding sehari sebelumnya.

“Di Gerbang Tol Cikarang Utama tanggal 24 April kemarin mencapai 27.000 kendaraan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar Jakarta via GT Cikarang Utama pada Rabu 23 April mencapai 25.000. Artinya, ada kenaikan 2 ribu kendaraan pada hari terakhir sebelum diberlakukannya pelarangan mudik.

Larangan mudik berlaku sejak Jumat (24/4) dini hari tadi. Polisi memutar balik sejumlah kendaraan yang hendak keluar Jakarta dini hari tadi.

“Ada 683 kendaraan yang diputar balik di Tol CIkarang Utama tadi malam,” imbuh Sambodo.

Seperti diketahui, pemerintah melarang seluruh warga untuk mudik mulai Jumat (24/4) besok. Larangan mudik ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona (COVID-19).

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan pelaksana tugas Menteri Perhubungan (Menhub) lantas memberikan penjelasan lebih lanjut. Luhut menekankan waktu efektif mulainya keputusan Jokowi itu.

“Larangan mudik ini berlaku efektif terhitung sejak hari Jumat, tanggal 24 April 2020,” kata Luhut dalam siaran langsung melalui kanal YouTube saat rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Nantinya disebutkan Luhut ada sanksi yang dijatuhkan bagi pelanggar keputusan itu. Namun Luhut belum membeberkan sanksi apa saja yang disiapkan.

“Ada sanksi-sanksinya, namun bentuk penerapan sanksi yang sudah disiapkan akan efektif dikerjakan mulai 7 Mei,” ucap Luhut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *