Efek Geopark Pongkor Belum Terasa, Masyarakat Cigudeg Curahkan Aspirasi di Reses M Ichsan

Ekonomi, Headline157 views

Bogor, Inionline.Id – Mimpi besar Kabupaten Bogor untuk memiliki geopark tampaknya masih jauh dari kata ideal, hal itu dicurahkan masyarakat Kecamatan Cigudeg kepada Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, M Ichsan yang menggelar Reses II tahun sidang 2019-2020 pada Kamis (05/03/2020).

“Aspirasinya memang banyak sekali dari masyarakat Cigudeg, bangunan sekolah, gedung pemerintah desa, jadi karena kantornya itu multifungsi maka aktifitas aparat desa jadi terganggu,” tutur Ichsan.
Selain itu ada aspirasi program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) juga dimana kewenangan LPM lebih dominan dibanding kepala desa.

“Tapi yang cukup menjadi sorotan kami adalah terkait Geopark Pongkor yang selama ini jauh dari kemanfaatan, masalah posisinya, karena memang Geopark Pongkor ini sudah digagas oleh Bupati Bogor, jadi warga meminta agar Geopark ini memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau efek ekonomi kepada masyarakat,” ujar Ichsan.

 

Politisi PKS ini berpendapat bahwa Geopark ini memiliki nilai lebih yang potensial, maka dirinya menyatakan akan mendorong kepada pihak Kabupaten Bogor untuk merealisasikan kajian strategis Geopark Pongkor.

“Kemarin kita sudah bersepakat bahwa geopark tersebut akan menghasilkan PAD tersendiri untuk Kabupaten Bogor,” kata Ichsan.

Lebih lanjut, Ichsan pun menilai bahwa Cigudeg memiliki kepantasan untuk menjadi ibukota dari Kabupaten Bogor barat apabila pemekaran bisa direalisasikan.

Ichsan pun menyatakan siap untuk mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Komisi IV DPRD Provinsi Jabar agar membangun infrastruktur jalan serta akses menuju Geopark Pongkor kedepannya.

“Kalau terkait kebijakan, kapan launching dari Geopark tersebut, ya kita serahkan kepada Pemkab Bogor dan Pemkab Sukabumi terkait hal tersebut,” tutup Ichsan. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *