Usaha Tangani Banjir, Komisi IV DPRD Jabar Siap Dorong Pembangunan Waduk Narogong Bogor

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Bahas infrastruktur pasca bencana banjir dan longsor 2020, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Komisi 4 Mochamad Ichsan. Datangi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Senin (20/1/20).

Ichsan sapaan akrabnya mengatakan, memang kedatangan pihaknya bersama rekan-rekan komisi empat, ingin mengetahui penanggulangan banjir dan longsor. Guna mengetahui secara langsung infrastruktur apa saja yang rusak akibat bencana tersebut, untuk informasi yang akurat maka Komisi IV melaksanakan kunjungan ke BPBD Kabupaten Bogor. Wilayah Bogor Barat dan Timur paling terdampak akibat bencana pada tahun ini.

“Sehingga waktu darurat bencana juga diperpanjang, oleh Pemkab Bogor,” ujarnya Pria dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) itu.

Ichsan menambahkan, pada kesempatan tersebut dirinya juga menyampaikan penanganan infrastruktur yang rusak akibat bencana. Bukan lagi melihat kewenangan, kabupaten, provinsi, atau pusat. Melainkan harus sama-sama saling bahu membahu dalam menangani persoalan itu.

Kedepannya Kementerian PUPR berserta BBWS akan merancang strategi untuk menanggulangi bencana banjir. Dengan membuat waduk di hulu dengan nama waduk Narogong pada tahun ini. Semacam kolam retensi yang bisa menghalau air, sebelum mengalir ke anak-anak sungai yang sudah dikaji sejak lama.

“Pembangunan waduk tersebut nantinya, cukup menahan laju debit air ketika musim penghujan tiba,” ujarnya. (Rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *