Banjir Bandang, Tiga Rumah Hanyut di Labuhanbatu Sumut

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Bencana alam banjir bandang telah terjadi di Dusun Siria Ria, Desa Pematang, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana DAerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara Riadhil A. Lubis melaporkan hujan dengan intensitas deras menyebabkan meluapnya sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria. Hal itu akhirnya membawa material kayu dan batu dari arah hulu pada Minggu (29/12) sekitar pukul 01.30 WIB.

Data BPBD sementara menyebutkan bahwa tiga rumah hanyut, dan jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria Terputus total. Akses untuk berjalan bahkan tidak bisa ditempuh menuju Dusun siria-ria.

Riadhil mengungkapkan Tim BPBD dan instansi terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan pertama. Menurut mereka, dibutuhkan alat berat untuk membersihkan material batu dan kayu.

“Aliran banjir juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhan Batu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji. Rumah warga sebanyak 11 unit terendam air,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Kapusdatinkom BNPB) Agus Wibowo dalam keterangan tertulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *