Ridwan Kamil Ungkap Tiga Nama Tempat Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berniat memindahkan ibu kota dari Kota Bandung. Ada tiga wilayah yang diproyeksikan sebagai pusat pemerintahan Jabar di masa depan. Mana saja?

RK sapaannya mengatakan sudah mendapat persetujuan dari DPRD Jabar untuk mengkaji wacana pemindahan ibu kota. Hal itu berdasarkan paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

“Sudah ada persetujuan (DPRD) wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana,” kata RK kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019).

Ia belum mau mengungkapkan alasan tiga wilayah tersebut yang sementara diproyeksikan jadi ibu kota baru Jabar. Meski begitu, ia menyebut masih membuka opsi wilayah lain.

“Terbuka (wilayah lain) sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu,” katanya.

Tiga wilayah tersebut dalam beberapa tahun mendatang memang akan menjadi pusat pengembangan ekonomi baru. Sebut saja Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat) yang akan dilalui Kereta Cepat Bandung-Jakarta.

Selain itu, ada Kertajati yang diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka). Terlebih dengan adanya Bandara Kertajati atau pengembangan Aero City dan cukup dekat dengan Pelabuhan Patimban Subang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *