Hasil Psikotes Capim KPK Diumumkan 5 Agustus

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK menyatakan hasil psikotes terhadap para kandidat akan diumumkan pada 5 Agustus 2019. Tes psikologi itu selesai digelar pada Minggu (28/7) di Gedung Pusdiklat Kemensetneg.

“Tanggal 5 (Agustus) kita umumkan di Setneg lagi, jamnya kita belum tahu, ini kita nilainya belum tahu tapi Insyaallah tanggal 5 di hari itu (diumumkan),” kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih kepada wartawan.

Yenti menuturkan setelah tes psikologi masih ada sejumlah tahapan lagi yang mesti dijalani oleh kandidat capim KPK. Yakni evaluasi diri (profile assessment), tes kesehatan, hingga wawancara.

Untuk profile assessment, kata Yenti, dijadwalkan bakal digelar pada 8 dan 9 Agustus. Sama seperti tes psikologi, pada tahap ini nanti pansel juga bakal menggandeng pihak lain.

“Profile assessment juga sama, kita pakai vendor ya, kita enggak bisa karena kan ada tenaga-tenaga ahli di bidang itu, itu juga penting,” tuturnya.

Sebanyak 104 peserta capim KPK mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan oleh tim pansel sebagai bagian dari proses seleksi. Dalam tes psikologi ini antara lain mencakup tes kejiwaan dan tes kepribadian.

Yenti sebelumnya mengatakan pihaknya tak mematok target untuk jumlah peserta yang lolos dan tes psikologi kali ini. Namun, ia mengaku berharap setidaknya 50 peserta bisa lolos dalam tahap lanjutan ini.

“Saya berharap semoga bisa di atas 50 orang, jadi supaya nanti ada tahap selanjutnya kita masih memiliki peserta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yenti menargetkan pansel akan memberikan 10 nama Capim KPK kepada Jokowi pada 2 September 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *