Banjir Lahar Dingin Rendam Dua Desa di Lereng Gunung Sinabung

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Dua desa yang berada di bawah lereng Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir lahar dingin.

Dua desa adalah Desa Kuta Mbaru dan Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, direndam banjir lahar lantaran hujan deras turun.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin menjelaskan, banjir di aliran Sungai Lalu Barus mengakibatkan beberapa desa di dekat aliran sungai jadi terendam lumpur.

“Desa Kuta Mbaru itu yang paling parah kena dampaknya, lima rumah dan satu puskesmas,” ujarnya.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa peristiwa ini. “Pas banjir lahar dingin tersebut, warga langsung keluar rumah dan mengungsi untuk sementara,” jelasnya.

Namun, selain kerugian material, banjir tersebut memutuskan akses jalan menuju Desa Perbaji, Desa Kuta Mbaru dan jalan utama ke Kecamatan Tiganderket menuju Kutambuluh.

Sementara jalan untuk menuju masing-masing Desa dilakukan melalui jalur lain atau jalur alternatif.

“Kemudian setelah selesai hujan warga dan petugas gabungan melakukan gotong royong. Setelah ditangani pukul 00.15 WIB sudah bisa dilalui kembali. Namun, harus berhati-hati,” terang Natanail.

Natanail juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. “Masyarakat juga diimbau untuk menjauhi seluruh akses yang masuk dalam zona merah Gunung Sinabung dengan radius 7 kilometer,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *