Sendang Geulis Kahuripan Di Bandung Barat Yang Viral Di Medsos

Inionline.id – Sendang Geulis Kahuripan ada di Bandung Barat. Foto-foto Sendang Geulis Kahuripan yang viral di medsos pun membuat semakin banyak wisatawan datang ke sana.

Kabupaten Bandung Barat di Jawa Barat memiliki segudang tempat wisata alam. Salah satunya kolam Sendang Geulis Kahuripan yang sempat viral di media sosial. Terletak di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, destinasi wisata ini memiliki keunggulan kolam yang berasal dari mata air pegunungan alami.

Airnya pun sejuk dan jernih, sehingga dasar kolam bisa dilihat dengan mata telanjang. Konon, air yang berada di Sendang Geulis Kahuripan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menghambat penuaan kulit.

Ada tiga kolam yang bisa digunakan untuk berendam atau pun berenang. Dua kolam alami terbentuk dari bebatuan dan satu lagi, kolam atletik yang memiliki kedalaman 1 hingga 1,5 meter yang ramah bagi traveler yang membawa anak-anak.

Selain wisata kolam, traveler juga akan dibuat betah dengan rindangnya pepohonan. Belum lagi adanya suara curug (air terjun) yang memberi efek relaksasi maksimal.

Di atas lembah, terdapat sebuah pohon karet munding (Ficus elastica) berusia ratusan tahun yang dianggap warga berfungsi menjaga kualitas air di sana. Pohon tersebut juga membuat suasana di sekitar kolam menjadi teduh.

Sesuai namanya, Sendang Geulis Kahuripan yang berarti telaga cantik yang memberi kehidupan memang menjadi penunjang bagi kehidupan masyarakat di sana. Air yang mengalir ke hilir dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan mencuci hingga mengairi lahan kebun warga.

“Pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah, bahkan dari Korea dan Arab Saudi pun pernah datang ke sini,” ujar Kusnadi, pengurus Sendang Geulis kepada detikcom belum lama ini.

Meski berada di dalam pelosok perkebunan teh PTPN VIII, Sendang Geulis Kahuripan tetap menjadi destinasi favorit bagi traveler yang ingin merasakan kesejukan alami mata air. Kunjungan wisatawan kian bertambah seiring dengan menyebarnya foto keindahan kolam di media sosial.

“Saya baru pertama datang ke sini, airnya sejuk dan suasananya sangat indah,” kata Rahyan (18), wisatawan dari Cikalong.

Di sekitar lokasi kolam juga terdapat warung yang didirikan oleh warga, berikut musala, toilet, dan ruang ganti pakaian. Bagi traveler yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya memastikan kendaraan dalam keadaan prima. Sebab, dari jalan raya Cikalong, traveler akan memasuki wilayah perkebunan dengan jalan berbatu sepanjang kurang lebih 5 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *