Polda Jambi Identifikasi Pelaku Pembakaran 15 Kotak Suara

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Polda Jambi masih mendalami kasus pembakaran 15 kotak suara DPRD Kota Sungai Penuh yang terjadi di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan saat ini pihaknya telah mengirim Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi untuk melakukan penyelidikan atas kasus yang terjadi di kota yang berjarak sekitar 12 jam dari Kota Jambi itu.

“Saat ini kita sedang melakukan lidik pelakunya dan beberapa pelaku telah teridentifikasi. KPU, Bawaslu dan Dir Krimum beserta tim telah berada di sana,” kata Kapolda, usai apel konsolidasi PAM Pemilu 2019 di Mapolda Jambi.

Pihaknya juga tengah melakukan pengembangan soal dugaan keterlibatan panitia dalam kasus itu.

Soal personel pengamanan di Sungai Penuh, Muchlis mengaku belum melakukan tambahan pasukan karena suasana di lokasi masih dianggap kondusif.

Diketahui, aksi pembakaran itu berawal saat Panwas Kecamatan dan anggota Linmas melaksanakan kegiatan penyelesaian administrasi di TPS, Kamis (18/4) pukul 03.30 WIB.

Pukul 04.00 WIB, tiba-tiba listrik padam dan terjadi pelemparan batu ke atap TPS. Pelakunya orang tidak dikenal yang diduga tim sukses salah satu caleg.

Sekitar 15 menit kemudian, sekelompok massa mendatangi TPS 1, 2, dan 3 yang berlokasi di SDN 063/XI Koto Padang, dan langsung membakar 15 kotak suara yang berisi kertas suara di TPS tersebut.

Sementara itu, Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi menyebut saat ini pihaknya terus melakukan konsolidasi terhadap pengamanan pasca-Pemilu dan tetap siaga dalam menghadapi situasi terburuk.

Kapolda Jambi dan Danrem 042/Gapu pun mengimbau masyarakat agar euforia pemilu tak mengganggu keamanan dan ketertiban, serta menghargai keputusan akhir hasil Pemilu 2019 yang akan dikeluarkan KPU pada 22 Mei 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *