BEI Sebut IHSG Menguat Karena Investor Percaya Pemilu Aman

Ekonomi257 views

Inionline.id – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai indeks harga saham gabungan (IHSG) yang bergerak naik merupakan salah satu bentuk kepercayaan investor terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang kondusif.

“Kalau kita lihat (Pemilu), berjalan damai, tenang, pencoblosan juga oke. Jadi itu tercermin dalam market di sini, market (pasar) cukup confident (percaya diri),” ujar Direktur Utama BEI Inarno Djajadi.

Menurut dia, pelaksanaan pesta demokrasi yang berjalan kondusif dapat membawa indeks saham menuju tren positif secara jangka pendek maupun panjang.

“Kelihatannya, investor sudah buy in terhadap kemarin (Pemilu),” tutur Inarno.

Hal senada dikatakan CEO PT Arah Investasi Mandiri Hendra Martono Liem yang mengatakan sejumlah pelaku pasar saham mulai mengambil posisi beli seiring pelaksanaan Pemilu yang aman.

“Tidak ada kecemasan di diri investor atau suatu gerakan yang kurang bagus. Pemerintah menjaga keamanan tetap kondusif,” ungkap Hendra.

Kepercayaan di pasar saham, sambung dia, juga terlihat dari investor asing yang mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp1,4 triliun pada Kamis (18/4) kemarin.

Kendati demikian, Hendra Martono Liem mengingatkan agar investor tetap waspada terhadap aksi ambil untung ketika harga saham bergerak naik.

“Aksi profit taking (ambil untung) tetap membayangi pergerakan pasar saham di saat harga sedang naik. Namun, hal itu wajar,” ucapnya.

IHSG pada Kamis (18/4) ditutup menguat 25,68 poin atau 0,4 persen ke posisi 6.507,22. Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 6,17 poin atau 0,6 persen menjadi 1.030,12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *