Pemkab Tangerang Dan RSMM Sukses Lakukan Penanganan Dan Evakuasi Puluhan ODGJ

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Komplek Perkantoran Pemda, Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, ratusan peserta kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Kabupaten Tangerang mulai berdatangan.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antara RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor dengan Pemerintahan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten melalui SKPD terkait tersebut, berlangsung sejak pagi hari.

Sekitar 200 orang peserta dan undangan menghadiri acara tersebut, diantaranya dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Panti Hikmah Syahadah, puskesmas-puskesmas (Kosambi, Pasir Nangka, Panongan, Pakuhaji, Pagedangan, Sepatan, Mauk, Caringin, Pasir Jaya.

Kedaung Barat, Sukamulya dan Tigaraksa), Satpol PP, TKSK, PSM, Kader Keseharan, Keluarga ODGJ dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), serta para awak media.

Drs. H.M. Arsyad Husein, Kepala Dinsos Kab. Tangerang atas nama Bupati Tanggerang Lely Elfrida, secara resmi membuka kegiatan sosial tersebut.

Dalam sambutannya, Kadinsos menyampaikan terimakasih terhadap RSMM atas pelayanan kesehatan jiwa untuk masyarakat Kab.Tangerang.

“atas nama Bupati kami juga mengucapkan apresiasi kepada RSMM, karena ODGJ rujukan rawat inap dari seluruh puskesmas Kab. Tangerang bisa tertangani.” Ungkapnya.

Sedangkan Endang Supriadi, dari Balai Pelatihan Kerja Kab.Tanggerang mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti ODGJ paska perawatan di RSMM nantinya.

“kami akan tindaklanjuti dengan mengikutsertakan para ODGJ yang sudah pulih dalam Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker agar bisa mandiri.” Ucapnya.

Sementara Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Koordintaor Linsek Integtasi dan Promotor Keswa RSMM Bogor menyatakan, bahwa Direktur Utama RSMM dr. H. Eko Sunaryanto, Sp.KJ. MARS. sangat mendukung pelayanan kesehatan warga untuk Kab. Tangerang.

“Pak Dirut RSMM juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang selama ini telah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Dalam giat tersebut, Iyep juga memimpin pernyataan komitmen penanganan kesehatan jiwa bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang dari seluruh peserta secara serempak.

Kegiatan acara juga diisi serah terima cendramata berupa Majalah Dolphin 4 edisi dan Kalender RSMM, yang diserahkan Ns. I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep, Sp.Kep.J., sebagai Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (KJM & PKRS) RSMM, kepada Kadis Sosial Kab. Tangerang dilanjutkan penyerahan cendramata oleh Iyep Yudiana kepada Dinas Kesehatan Kab. Tangerang, dan dilanjutkan kepada Disnaker, Panti Hikmah Syahadah dan kepada seluruh undangan yang hadir.

Selain itu, diakukan pula giat pelayanan kesehatan jiwa berupa registrasi, pemeriksaan tanda vital, verifikasi berkas,  pemeriksaan kesehatan jiwa dan lainnya,  terhadap 40 ODGJ yang di dampingi keluarga dan petugas puskesmas.

“Kegiatan ini dipimpin oleh Ketut Sudiatmika dan dr. Widi Primaciptadi, Sp.KJ., beserta 12 anggota tim lainnya yang seperti, perawat, penyuluh kesehatan, sosial wolker, administrasi dan lainnya,” imbuh Iyep Yudiana.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan diperoleh 40 ODGJ yang hadir dan terindikasi rawat inap, dari 53 ODGJ yang terdaptar.

13 ODGJ tidak bisa dihadirkan untuk dilakukan pemeriksaan karena belum mendapatkan persetujuan keluarga, ODGJ yang kabur, ODGJ yang ngamuk dan tidak bisa di bawa ke lokasi acara.

“Ke-13 ODGJ tersebut akan kembali didaftarkan untuk peserta pada kegiatan selanjutnya,” paparnya.

Diakhir acara dilakukan diskusi bersama antara RSMM, Dinsos, Dinkes, Panti Hikmah Syahadah, Kepala-Kepala Puskesmas, Satpol PP, Keswa, TKSK, PSM untuk mendapatkan kesepakatan bersama terhadap penanganan paska rawat RSMM oleh Kab. Tangerang.

“hasil diskusi tersebut diantaranya, kontrol ODGJ Paska Rawat evakuasi poeriode pertama akan dilakukan di puskesmas dan RSUD Kab. Tangerang, dan bila ada hambatan ketersediaan obat dll, maka kontrol akan tetap dilakukan ke RSMM, untuk menghindari ODGJ putus obat (Droop Out),” beber Iyep.

Sementara kontrol pertama ODGJ paska rawat periode 2, lanjutnya, akan dilakukan ke RSMM. Hasil diskusi selanjutnya disepakati dan dikukuhkan oleh Kadis Sosial Kab. Tangerang, dengan keaimpulam akan diadakan kembali pelayanan kesehatan jiwa masyarakat dan Evakuasi ODGJ dengan tema “Peduli ODGJ Menuju Kabupaten Tangerang Sehat Jiwa” yang akan dilaksanakan tanggal 19 Maret 2019 mendatang dan direncanakan akan mengundang Bupati Kab. Tangerang, Kadinkes, Kadinsos, Kadisnaker, dan SKPD terkait, beserta dinas terkait dari Provinsi Banten.

“Kegiatan ditutup dengan acara puncak yaitu pelepasan 40 ODGJ untuk dilakulan evakuasi dan menjalani perawatan di RSMM selama kurang lebih 1 bulan.” Pungkasnya. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *