Kolaborasi Unusa dan SEAMO Untuk Fasilitasi Mahasiswa Prakter Mengajar di Negara-Negara ASEAN

Pendidikan157 views

Inionline.Id – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) bekerja sama untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau praktik mengajar di beberapa sekolah negara anggota ASEAN.

“Kami mengirim dua mahasiswa dalam program ini,” ujar Rektor Unusa, Prof Achmad Jazidie.

Prof. Achmad Jazidie mengatakan, program ini memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmunya di negara-negara anggota ASEAN.

“Bagi Unusa program ini memiliki arti sangat penting dan membuktikan bahwa kurikulum yang diberikan dalam proses pembelajaran bukan hanya untuk kepentingan regional atau lokal, tapi juga internasional,” katanya.

Mereka ditempatkan di sekolah di Filipina. Pembiayaan program ini sepenuhnya ditanggung pihak Unusa untuk transportasi sedang akomodasi selama mahasiswa di sana ditanggung oleh perguruan tinggi setempat.

“Hal sama juga berlaku untuk dua mahasiswa Filipina yang sekarang ada di sini, mereka hanya membiayai biaya perjalanan, sedang selama di Surabaya, ditanggung oleh Unusa,” ujarnya.

Dua mahasiswa asal Filipina yang menjadi tamu FKIP Unusa ditempatkan untuk mengajar di SD dan SMP Khadijah Surabaya. Mereka akan difasilitasi selama periode program yang berdurasi tiga minggu tersebut.

Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Central Luzon State Universirty, Filipina, Swenn Grospe Bautista mengaku sangat diuntungkan oleh program ini. “Melalui program ini kemahiran mengajar saya semakin meningkat. Ini merupakan pengalaman berharga bagi saya bisa mengajar di luar Filipina,” ujarnya.

Program SEA Teacher ini memberi kesempatan bagi dia untuk mengenal budaya dan agama lain di luar yang ia ketahui di Filipina. “Kendala bahasa dan budaya tidak menjadi masalah karena saya didampingi oleh mahasiswa Filipina yang kebetulan menjadi mahasiswa Unusa,” pungkasnya.

Program SEA Teacher (Preservice Student Teacher Exchange in Southeast Asia) berdurasi tiga minggu ini memfasilitasi mahasiswa program studi keguruan dan ilmu pendidikan untuk mendapatkan pengalaman mengajar di negara-negara anggota ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *