Wisata Sejarah di Bukit Seguntang

Palembang, Inionline.Id – Palembang merupakan salah satu kota besar di Sumatra yang mempunyai gunung dan wisata pantai yang indah. Akam tetapi, jika ingin merasakan suasana yang berbeda, coba berkunjung ke Bukit Seguntang.

Bukit ini terletak di Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat. Tinggi dari Bukit Siguntang setinggi 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut. Bukit ini merupakan tempat sakral yang menyimpan cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya.

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata seperti sekarang, Bukit Siguntang pernah dianggap sebagai lokasi suci. Pasalnya tidak semua orang bisa menjadikan bukit ini sebagai tempat peristirahatan terakhir. Hanya mereka yang punya garis keturunan Kerajaan Sriwijaya berhak dimakamkan di Siguntang.

Keberadaan Siguntang sendiri juga tercatat dalam sejarah orang Melayu. Eksistensinya bisa dilacak hingga ke catatan yang ada di kitab sejarah raja-raja Melayu di Perlis. Tak heran jika ada orang Melayu yang kebetulan berkunjung ke Palembang, mereka pasti menyempatkan diri datang ke bukit ini.

Di puncak bukit terdapat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya. Ketujuh makam tersebut ialah makam Radja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Radja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, dan Panglima Tuan Djundjungan.

Selain itu juga terdapat benda peninggalan sejarah. Salah satunya adalah arca Buddha dengan tinggi mencapai 2,77 meter. Namun kini arca tersebut sudah diamankan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Selain itu masih ada sejumlah tembikar peninggalan zaman kuno yang kini menjadi koleksi Museum Balaputra Dewa dan Museum Sriwijaya.

Penemuan arca Buddha di daerah ini sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu yang punya peran penting dalam penyebaran Buddhisme di Indonesia. Selain itu Siguntang juga dianggap sebagai salah satu tempat peribadatan penting bagi umat Buddha sejak Abad ke-7.

Selain berwiasat sejarah, di Bukit seluas 12,8 hektar ini juga disuguhkan tanaman-tanaman tindang yang membuat hawa yang sejuk dan segar.

Bukit Seguntang buka jam 07.00 dan tutup jam 16.00 WIB. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk tiket masuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *