Ratusan Peneliti LIPI Datangi DPR Keluhkan Kebijakan Kepala LIPI

Nasional057 views

Inionline.Id – Ratusan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendatangi gedung DPR, Senayan (30/01) untuk mengadukan kebijakan reorganisasi kepala LIPI Laksana Tri Handoko yang berimbas pada dirumahkannya 1.500 pegawai LIPI.

Mereka dipimpin oleh Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Syamsuddin Haris dan Asvi Warman Adam. Selain itu hadir Lukman Hakim, Yan Sopalatan, Rosihun Ubaidillah, Ibu Eni Warsilah, Kauniyah Firdausi, Eman Aminullah, Syarif Hidayat dan lain-lain.

Para peneliti LIPI itu mengadukan nasibnya ke Komisi VII DPR RI yang merupakan mitra kerja LIPI. Mereka diterima Anggota Komisi VII DPR RI, antara lain, Fadel Muhammad (FPG), Bara Hasibuan (FPAN), Ichwan Datu Adam (FPD), dan Anda (FGerindra).

“Ada masalah di dalam kebijakan reorganisasi dan redistribusi di LIPI yang dilakukan oleh kepala LIPI. Masalah-masalah itu diantaranya adalah pembabatan sejumlah satuan kerja, pemecahan eselon II, penghapusan sejumlah eselon III kemudian rencana dirumahkannya ratusan staf pendukung jumlahnya 1.500,” ujar Syamsudin Haris di Kompleks Parlemen, Rabu (30/01).

Syamsuddin menegaskan, Kepala LIPI tidak bisa hanya beralasan reorientasi dan efisiensi lembaga, tapi mengorbankan banyak pegawai yang sudah puluhan tahun bekerja di LIPI.

Para peneliti LIPI juga meminta Kepala LIPI untuk membentuk Tim Evaluasi Reorganisasi LIPI yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing Kedeputian; mengkaji ulang kebijakan reorganisasi LIPI dengan melibatkan seluruh civitas LIPI secara inklusif, partisipatif, dan humanis.

“Selama proses pengkajian ulang berlangsung maka tata kelola LIPI dikembalikan pada struktur sesuai dengan Perka LIPI No. 1 Tahun 2014,” kata Syamsuddin.

Menanggapi pernyataan tersebut, Fadel Muhammad mengatakan Komisi VII DPR akan memanggil Kepala LIPI, Menristekdikti dan mitra masyarakat terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *