Polri: Ada Empat Daerah Rawan Konflik Untuk Pemilu 2019

Nasional057 views

Inionline.Id – Menjelang pemilu 2019 pada april nanti, Polri beserta jajarannya telah memetakan daerah-daerah rawan konflik saat pemilu berlangsung. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menyebutkan, ada empat daerah yang menjadi prioritas pengamanan Pemilu 2019.

Daerah tersebut ialah Solo, Yogyakarta, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. “Ada empat daerah yang jadi prioritas pengamanan legislatif. Satu Sumut, dua Yogya, tiga Solo dan empat Sulsel. Empat daerah ini jadi titik fokus pengamanan,” kata Dedi.

Polri menilai tingkat kerawanan konflik di empat wilayah itu tinggi, terutama disebabkan oleh persaingan antarpartai, caleg dan pendukungnya.

“Kami mengantisipasi adanya benturan antarpendukung tiap caleg maupun partai politik. Karena tiap partai politik berjuang memenuhi kuota empat persen parliamentary threshold” kata Dedi.

Dia menambahkan, dari hasil kajian intelijen, ada kecenderungan trend konflik antar pendukung caleg. “Kalau Pilpres tingkat kerawanan bisa kita kendalikan. Yang kita khawatirkan Pileg. Ini jadi fokus,” ungkapnya.

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, keempat tersebut dinilai rawan karena sebelumnya pernah terjadi beberapa peristiwa.

“Maka kita anggap, kita prediksi di sana masih bisa berkembang kelompok-kelompok tertentu untuk melaksanakan aksi-aksi yang bisa mengganggu situasi Kamtibmas. Maka kita dorong kekuatan ke sana untuk lebih fokus,” ujar Ari Dono.

Sementara itu, untuk pemetaan kerawanan pilpres, Dedi menyebutkan, daerah Jawa masih menjadi perhatian. Sebab, sebagian besar penduduk Indonesia berada di wilayah Jawa. Selain itu, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung juga menjadi perhatian.

Pengamanan yang dilakukan Polri dilakukan sejak masa kampanye, pemilihan, rekapitulasi suara hingga pelantikan kandidat terpilih. Untuk pengamanan Pemilu 2019, Polri mengerahkan 272.880 personel dengan dibantu aparat TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *