Mendag Bantu Pengrajin Rotan Ekspor Produk Ke Perancis

Ekonomi2157 views

Inionline.Id – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan ke Dukuh Galan, Desa Trangsan, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (8/1). Mendag meninjau dan melepas produk kerajinan rotan milik CV Maju Jaya untuk diekspor ke Prancis.

Enggartiasto mengungkapkan akan membantu mendorong pertumbuhan industri rotan di dalam negeri sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Salah satunya mengenai berbagai proses perizinan yang terkait negara lain akan kami cari celah hukumnya,” katanya.

Mendag mengakui jika tahun lalu nilai ekspor khususnya furniture bergerak turun. Untuk itu, pihaknya mendorong ekspor komoditi yang banyak mempunyai nilai tambah. Seperti yang terlihat di Maju Jaya, banyak tenaga ahli ukir dan kerajinan rotan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

“Salah satu komoditi unggulan dan yang kita prioritaskan adalah produk furniture. Bahan bakunya dari dalam negeri dan mempekerjakan tukang atau ahli dari dalam negeri yang saat ini juga dicari di luar negeri. Semua dari dalam negeri sehingga nilai tambahnya banyak sekali,” ujar Enggartiasto.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menjaga ketersediaan bahan baku dan keberlangsungan bahan baku rotan itu sendiri.

Menurut dia, di satu sisi ada beberapa pengrajin rotan yang mengaku kesulitan melakukan penjualan dan meminta izin untuk bisa melakukan ekspor, sedangkan di sisi lain industri mebel menyampaikan keluhannya mengenai sulitnya memperoleh rotan dengan harga layak.

“Dalam hal ini kami coba jembatani. Pada prinsipnya kami tidak akan izinkan ekspor rotan mentah, minimal harus setengah jadi. Bahkan kalau industri dalam negeri kebutuhannya banyak, tidak akan ada ekspor setengah jadi. Kalau ada artinya menyelundup,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Mendag Melepas satu kontainer furniture yang akan dikirim ke Prancis. Produk furniture tersebut berbahan baku kayu dan rotan. Yakni berupa meja, kursi dan almari. Pemilik CV Maju Jaya, Mulyadi mengemukakan, dalam seminggu pabrik yang dia kelola bisa mengekspor 2 kontainer ke Eropa, seperti Italia, Prancis dan Eropa Timur.

“Untuk nilainya 20 ribu-25 ribu dolar AS/kontainer. Saya ekspor ke beberapa negara Eropa seperti Italia dan Prancis serta Australia,” kata Mulyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *