Longsor Sukabumi, Puluhan Orang Masih Belum Ditemukan

Antar Daerah057 views

Sukabumi, Inionline.Id – Bencana longsor menimpa sekitar 34 rumah kampung adat di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin petang.

Tercatat ada sebanyak 32 kepala keluarga dari 107 jiwa yang terdampak akibat musibah longsor ini. Data korban yang simpang siur akhirnya diversifikasi kembali oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Korban meninggal awalnya simpang siur karena kondisi yang panik. Informasi yang beredar di lapangan dan sosial media, korban meninggal 2, 4, 5, dan 8 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi di posko sementara, ada 2 korban meninggal,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugro.

“Ada tiga orang luka-luka, 61 orang di pengungsian dan 41 orang belum ditemukan. Sedangkan kerugian fisik sementara terdapat 30 unit rumah tertimbun (data sementara/masih dalam pendataan),” tambahnya.

Longsor di Kabupaten Sukabumi disebabkan hujan deras yang terus mengguyur di sekitar Desa Sirnaresmi. Akibatnya aliran permukaan di hutan dan persawahan menjadi longsor. Jenuhnya air menyebabkan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng dan menghantam kampumg adat Cimapag.

“Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

Sutopo menambahkan, listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit. upaya evakuasi akan dilanjutkan hari ini Selasa (1/1).

Kemudian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten bersama tentara nadional Indonesia (TNI), Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.

“Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, posko BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat. Tak hanya itu, pendataan masih dilakukan. Pendataan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *