Lolos Seleksi KY, Empat Calon Hakim Agung Diserahkan ke DPR

Nasional157 views

Inionline.Id – Jaja Ahmad Jayus, Ketua Komisi Yudisial menyatakan Komisi Yudisial (KY) telah mengirimkan empat calon hakim agung ke DPR. Keempat calon tersebut sudah dinyatakan lolos tahap wawancara dan seleksi akhir dari pendaftaran hakim agung.

“Kita serahkan dan diharapkan DPR memberikan persetujuan terhadap empat nama tersebut. Selanjutnya nanti DPR melalui Komisi III akan melakukan fit and proper test ,” kata Jaja di gedung DPR, Senayan.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, tugas KY setelah menyeleksi para Hakim Agung belum selesai karena harus terus melakukan pengawasan terhadap para hakim agung agar dapat menjaga keluhurannya mereka.

“Tantangan yang dihadapi Mahkamah Agung tidak kecil. Masih banyak orang-orang yang memanfaatkan badan peradilan bukan untuk mencari kepastian hukum. Tetapi, justru untuk merusak keadilan itu sendiri,” kata Bambang.

Keempat nama yang diajukan yakni Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji di kamar perdata, Cholidul Azhar di kamar agama, dan Sartono di kamar tata usaha negara khusus pajak.

Dalam pertemuan penyerahan nama calon hakim agung tersebut, Bambang didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Wakil Ketua Komisi III Erma Suryani, Anggota Komisi III DPR Asrul Sani dan Anggota Komisi III DPR TB Soemandjaya.

Pimpinan KY yang hadir adalah Ketua Jaja Ahmad Jayus, Wakil Ketua Maradaman Harahap, Anggota Sukma Violeta, Joko Santoso dan Aidul Fitriaciada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *