Keindahan Warna-Warni Air Terjun Kembang Soka

Kulon Progo, Inionline.Id – Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu Air Terjun paling indah yang ada di Yogyakarta. Tak heran Kembang Soka selalu menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menikmati ketenangan alam yang dihiasi asrinya pohon dan segarnya air terjun.

Letaknya yang tersembunyi di antara rimbunan hutan tidak mencegah wisatawan untuk datang. Ya, wisatawan rela untuk menjelajahi hutan hanya untuk melihat keindahan air terjun warna-warni yang berasal dari mata air kembang soka.

Secara administratif, Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari Tugu Joga adalah sekitar 32 kilometer.

Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena memiliki dua warna yaitu, putih dan hijau toska. Bahkan, jika Anda melihat lebih jelas bebatuannya juga berwarna-warni. Batu yang ada di dasar sungai terlihat berwarna kuning, sedangkan batu di tebing air terjun berwarna merah.

Kawasan Kembang Soka merupakan kawasan tertinggi di antara kawasan air terjun lainnya. Letaknya berada di daerah pegunungan Menoreh, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Karena letaknya yang tinggi, Kembang Soka menjadi tempat awal munculnya sumber mata air. Bahkan, mata airnya terbilang besar dan deras hingga menjadi pengairan sungai.

Terdapat tiga sumber mata air di sini, yakni mata air Kembang Soka atau Toyotombo, mata air Tuk Jaran atau sumber rezeki, dan mata air Kalimiri. Sebelum masuk ke pertemuan aliran utama, ketiganya juga menjadi air terjun kecil. Masing-masing ketinggiannya mencapai 5 meter, 15 meter, dan 30 meter. Sementara air terjun utama dari pertemuan tiga mata air tersebut mencapai 40 meter.

Nama Kembang Soka disematkan untuk kawasan air terjun ini karena dahulu ada banyak pohon soka yang tumbuh di sini. Masyarakat sekitar pun memberi nama destinasi ini dengan bunga pohon itu.

Fasilitas penunjang wisata di sini sudah cukup lengkap. Ada warung makan sederhan, toilet, kamar mandi, dan musala yamg sudah layak untuk memfasilitasi pengunjung.

Tiket masuk Air Terjun Kembang Soka hanya dibanderol sebesar Rp 6.000. Dana yang terkumpul nantinya digunakan untuk mengembangkan kawasan yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *