Jaringan 5G Akan Membuat Persaingan Industri Telekomunikasi Semakin Ketat

Iptek157 views

Inionline.Id – Hadirnya teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G) yang hadir lebih cepat, dipastikan bakal menambah ketat persaingan di industri ini dan sejumah sektor lainnya.

Tahun depan merupakan tahun yang menarik dan juga menantang untuk semua pelaku bisnis industri telekomunikasi. Kalangan operator seluler yang berada di garis depan dalam arus komersialisasi 5G secara luas, tentunya akan dipaksa untuk keluar dari area bisnis tradisionalnya.

Hal itu berpusat pada penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi dan panggilan suara atau video berkualitas tinggi, dengan menyediakan sejumlah layanan yang berkaitan dengan kemampuan jaringan 5G.

Dibandingkan dengan pendahulunya, jaringan seluler 4G LTE (Long Term Evolution) yang ada saat ini, jaringan 5G menyediakan kecepatan 20 kali lebih cepat untuk transmisi data, yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh film definisi tinggi dengan besaran 2 gigabyte dalam waktu kurang dari satu detik.

Sangat penting bagi kalangan operator seluler untuk menyediakan konten yang ideal untuk melengkapi infrastruktur jaringan 5G dalam upaya menangkap pelanggan baru, dan memaksimalkan kemampuan jaringan miliknya.

Selain itu, kalangan operator seluler juga harus bersiap untuk menjalin kemitraan dengan startup atau penyedia konten dalam memperkaya layanan yang mereka sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *