Indonesia Tempatkan 5 PTN Dalam Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang

Pendidikan657 views

Inionline.Id – Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) baru merilis daftar universitas terbaik di negara berkembang universitas dalam tajuk “Emerging Economies Ranking Universities 2019”.

Pemeringkatan THE menggunakan setidaknya 5 indikator untuk menilai lembaga berdasarkan pengajaran, penelitian, kutipan jurnal ilmiah dan pandangan internasional serta pandangan dunia industri.

Secara keseluruhan terdapat 442 universitas dari 43 negara masuk dalam daftar THE tahun 2019 ini. China tetap menjadi negara paling banyak memasukan daftar dengan 72 universitas, bertambah dari 63 universitas tahun lalu.

Sedangakn India menjadi negara kedua paling banyak dengan 49 universitas setelah tahun lalu memasukan 42 universitas mereka dalam daftar.

Peringkat pertama hingga ke-empat didominasi oleh Perguruan Tinggi China, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University dan University of Science and Technology of China (masing-masing menduduki Peringkat 1, 2, 3 dan 4 secara berturut-turut).

5 universitas Indonesia yang termasuk dalam pemeringkatan THEĀ  yakni: Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi 10 November (ITS).

UI menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk dalam 100 terbaik di posisi 82 setelah tahun lalu berada di posisi 184. ITB juga mengalami kenaikan 27 peringkat berada di posisi 146 bersama dengan Universitas Pertanian Nanjing di Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *