Vietnam Untuk Pertama Kalinya Tembus Perempat Final Piala Asia

Inionline.Id – Vietnam berhasil lolos ke babak perempat final Piala Asia 2019 setelah di babak 16 besar mengandaskan Yordania melalui babak penalti yang berkesudahan dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Vietnam yang tidak diunggulkan tampil lepas sejak menit awal pertandingna dengan banyak mendominasi penguasaan bola.

Namun Yordania mengancam terlebih dahulu pada menit 18 lewat kaki kiri Yousef Rawshdeh, akan tetapi kiper Vietnam Dang Van Lam berhasil menangkap sepakan tersebut.

Setelah peluang tersebut, Yordania dapat mengendalikan permainan. Terbukti 3 menit setelahnya mereka mendapat peluang melalui Yassine Mahmoud, namun tendangannya masih diatas mistar gawang Vietnam.

Vietnam yang tertekan tidak mampu melancarkan serangan berbahaya. Berkali-kali serangan mereka dimentahkan oleh barisan belakang Yordania.

Yordania akhirnya mampu membuka keunggulan di menit 39 lewat tendangan bebas Bahaa Abdulrahman. Skor 1-0 bertahanbhingga turun minum.

Vietnam membuka babak kedua dengan strategi ofensif. Hasilnya, di menit 51 Vietnam berhasil menyamakan kedudukan melalui Nguyen Cong Phuong. Tendangan voli kerasnyabtak mampu dihadang oleh kiper Yordania.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Vietnam bermain lebih agresif dengan melancarkan berbagai serangan. Praktis, di babak kedua Yordania hanya memanfaatkan skema serangan balik.

Akan tetapi hingga babak kedua usai skor tidak berubah dan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Dalam dua babak perpanjangan waktu, kedua tim bermain dengan tempo yang mulai melambat dan hasilnya skor 1-1 tetap bertahan hingga adu penalti.

Di babak penalti, Vietnam akhirnya yang dapat menembus perempat final setelah menang dengan skor 4-2.

Que Ngoc Hai, Do Hung Dung, Luong Xuan Truong, dan Tien Dung Bui, berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna, sedangkan Minh Vuong Tran jadi satu-satunya eksekutor Vietnam yang gagal mencetak gol.
Sementara itu, hanya Baha Abdel-Rahman dan Ahmad Al Ersan yang berhasil menjadi eksekutor di kubu Yordania. Sementara dua rekannya, Baha Faisal dan Ahmed Samir tidak mampu menaklukkan Van Lam.

Prestasi ini merupakan sejarah tersendiri untuk Vietnam. Karena ini merupakan pertama kalinya mereka mampu tembus ke perempat final Piala Asia sepanjang Keikutsertaannya pada turnamen ini.

Selain itu, Vietnam juga satu-satunya wakil Asia Tenggara yang masih tersisa setelah ditempat lain Thailand dikalahkan oleh China.

Di babak perempat final, Vietnam akan menunggu pemenang antara Jepang yang akan menghadapi Arab Saudi yang baru akan bertanding Senin petang waktu setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *