INACA Akhirnya Turunkan Harga Tiket Pesawat Terbang

Ekonomi357 views

Inionline.Id -Indonesia National Air Carrier Association (INACA) pastikan semua maskapai yang menjadi anggotanya mulai menurunkan harga tiket pesawat terbang yang meroket dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami berkomitmen untuk menurunkan harga tiket. Kami sejak minggu lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan tarif harga domestik,” kata Ketua INACA Ari Ashkara dalam konfrensi persnya.

Ari menjelaskan, menjelaskan penurunan harga tiket sudah mulai dilakukan di beberapa rute penerbangan. “Ini (penurunan harga tiket) seperti rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan lainnya,” kata Ari.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan komitmen positif dari stakeholder, yakni Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Airnav dan Pertamina. Selain itu, anggota INACA juga mendiskusikan keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket penerbangan.

“Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, tapi kami lebih mendengar keluhan masyarakat tentang harga tiket,” ujarnya.

Ari mengakui, meski saat ini banyak maskapai yang mengalami kesulitan dan juga kebutuhan masyarakat, INACA memastikan untuk memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional. Begitu juga dengan keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga.

Ari menambahkan seluruh anggota INACA dan semua pihak dalam penerbangan nasional seperti pengelola bandara, badan navigasi, hingga pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembahasan intensif. Hal itu terkait penurunan struktur biaya pendukung layanan kebandara udara dan navigasi.

“Ini kami lakukan agar dapat selaras dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat,” tutur Ari.

Mulai Senin, maskapai juga akan menurunkan harga tiket penerbangan untuk rute domestik lainnya, di antaranya Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.

Konferensi pers membahas tiket pesawat tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari AP I, AP II, serta beberapa maskapai, yakni Garuda Indonesia, Airasia, Sriwijaya Group, Lion Air Group, dan Citylink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *