Cara Efektif Menangkal Keringat Berlebihan

Kesehatan357 views

Inionline.Id – Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu tubuhnya. Saat kita panas, kita akan mengeluarkan keringat. Berkeringat adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari.

Namun beberapa orang merasa berkeringat tidak tidak pada waktunya atau beberapa malah mngeluarkan keringat berlebihan sehingga mengganggu penampilan.

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk menangkal keringat berlebih

Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant bekerja dengan cara menghalangi saluran keringat sehingga keringat tidak bisa sampai ke permukaan kulit kita. Keringat masih diproduksi oleh kelenjar, tapi tidak bisa sampai ke permukaan.

Deodoran tidak mencegah keringat hanya bertujuan menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri saat kita berkeringat. Untuk hasil terbaik, pastikan ketiak Anda bersih dan kering lalu aplikasikan di malam hari sebelum tidur.

Pakai baju tipis dan berwarna terang

Cara terbaik untuk mengurangi keringat dengan memilih pakaian  yang berbahan tipis dan menyerap keringat.  Warna lebih terang juga membantu memantulkan sinar matahari. Memakai warna putih bisa membantumu tetap merasa dingin dan mengurangi keringat.

Selalu pakai kaos kaki

Kaki juga bisa memproduksi keringat berlebih. Akibatnya, kaki bisa jadi sumber bau tak sedap. Untuk mengatasi keringat berlebih dan bau kaki tak sedap, pastikan pakai kaos kaki dari bahan yang menyerap keringat kalau sedang mengenakan sepatu yang tertutup.

Jangan lupa, kamu tidak boleh pakai kaos kaki yang sama dua hari berturut-turut. Selain itu, kalau kaos kaki sudah basah oleh keringat, misalnya habis berolahraga, gantilah dengan yang baru.

Kendalikan stres

Stres bisa membuat makin berkeringat. Karena itu, kamu harus belajar teknik mengendalikan stres serta emosi negatif. Misalnya dengan cara meditasi, yoga, menikmati suasana alam, menarik napas dalam, atau berkonsultasi dengan terapis psikologi.

Menjaga berat badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas akan memerlukan energi lebih besar untuk bergerak dan beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh akan lebih cepat naik dan berkeringat lebih banyak. Karena itu, pastikan menjaga agar berat badan tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *