Waspadai Bakteri di Kulit Alpukat

Kesehatan057 views

Inionline.Id – Mengonsumsi buah adalah salah satu cara menjaga kesehatan karena memberikan banyak manfaat. Contohnya manfaat dari alpukat. Buah yang berwarna hijau kekuningan itu kaya akan lemak baik sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Akan tetapi, meskipun memiliki sederet manfaat dan dapat dicampurkan dengan berbagai makanan lain, Anda tetap harus berhati-hati karena alpukat berpotensi menimbulkan penyakit.

Kulit buah ini memang tampak keras sehingga dianggap mampu melindungi daging buah. Akan tetapi, kulit alpukat tersebut dapat mengandung bakteri listeria monocytogenes dan salmonella.

Laporan dari Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, berdasarkan sampel dari 1.615 buah alpukat segar yang dikumpulkan, diuji, dan dianalisis oleh FDA mulai tahun 2014, ditemukan bakteri Salmonella dan Listeria monocytogenes.

Dari sampel buah-buahan, FDA menemukan 17% kulit alpukat dinyatakan positif untuk listeria, tetapi jumlahnya jauh lebih kecil ketika menguji daging alpukat, hanya 3 dari 1.254 sampel yang diuji terbukti positif mengandung bakteri listeria. Begitu juga saat menguji salmonella, jumlah daging alpukat yang tercemar bakteri di bawah 1%.

Listeria monocytogenes ialah bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis. Di Amerika Serikat, sekitar 1.600 orang terinfeksi setiap tahun dan 260 orang diperkirakan meninggal karenanya.

Orang-orang yang mengalami gangguan kekebalan adalah mereka yang berisiko paling tinggi, termasuk orang dewasa yang lebih tua. anak-anak, wanita hamil, dan mereka yang memiliki kondisi atau meminum obat yang mempengaruhisistem kekebalan tubuh.

Di blog FDA, FoodSafety.org menyarankan sebelum mencuci buah masyarakat lebih dulu mencuci tangannya selama 20 detik, begitu juga setelah mencucinya. Diharapkan mencuci buah di bawah air mengalir.

Saran lain terhadap pencucian alpukat adalah menggunakan sikat untuk menggosok. Langkah ini dilakukan agar memastikan bakteri di alpukat hilang. Setelah dicuci, keringkan alpukat dengan kain atau handuk kertas untuk mengurangi bakteri yang mungkin ada. Usahakan untuk langsung membuang kulit buah dan memakan alpukat segera setelah dipotong guna membatasi jumlah patogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *