Waspadai 7 Tanda Warna Pada Lidah Anda

Kesehatan057 views

Inionline.Id – Sehari-harinya, bagian tubuh bernama lidah punya peran penting yang berguna membantu tubuh untuk makan, menelan, hingga berbicara. Faktanya, apapun makanan yang Anda coba telan, tidak akan bisa masuk sampai ke tenggorokan tanpa adanya bantuan lidah.

Tidak hanya sebagai indera perasa, lidah juga berfungsi sebaga indikator kesehatan seseorang. Warna lidah pun akan menentukan bagaimana respons tubuh Anda terhadap penyakit.

Jika ada perubahan pada warna lidah yang tidak lazim pada lidah, segera periksaknlah ke dokter. Berikut tanda warna pada lidah dilansir oleh Times of India:

Lidah berwarna putih

Jika lidah anda berwarna putih, kemungkinan besar mengalami dehidrasi dan memiliki kebersihan mulut yang buruk. Tetapi jika lapisan putih terlihat seperti keju cottage, itu mungkin menandakan Leukoplakia, yang penyebab utamanya adalah merokok.

Lidah berwarna merah

Lidah berwarna merah bisa disebabkan karena Kekurangan asam folat atau vitamin B-12. Jika dilihat lebih dekat, Aada mungkin dapat melihat bintik-bintik kemerahan seperti pola dalam peta di lidah. Ini disebut lidah geografis.

Lidah berwarna pucat

Lidah berwarna pucat dapat menunjukkan defisiensi nutrisi, yang dapat dengan mudah dijaga dengan membuat perubahan diet yang diperlukan.

Lidah berwarna cokelat

Jika Anda pencinta kafein, jangan kaget jika lidah Anda berubah menjadi cokelat. Bahkan, merokok pun bisa menyebabkan timbulnya warna cokelat di lidah. Perokok kronis dapat secara permanen memiliki lapisan cokelat di lidah mereka yang idealnya harus diperiksa oleh dokter.

Lidah berwarna biru

Lidah biru dan ungu mungkin menunjukkan masalah jantung. Entah jantung Anda tidak memompa darah dengan baik atau ada kekurangan oksigen dalam darah Anda. Ada baiknya Anda menemui dokter

Lidah berwarna kuning

Lidah berwarna kuning bisa menandakan bahwa anda mempunyai masalah pada pencernaan atau pada hati. Namun, tidak perlu panik dulu karena kebersihan kesehatan mulut yang buruk bisa menjadi pelakunya.

Lidah berwarna hitam

Anda seorang perokok aktif? Jika ada bakteri yang menumpuk di lidah Anda, maka hal itu bisa membuatnya menjadi hitam dan berbulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *