Sayuran-Sayuran Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

Kesehatan057 views

Inionline.Id – Penyakit Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya.

Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan kolesterol. Kolesterol adalah lemak esensial yang bertugas membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Namun, kolesterol tinggi berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini bila dibiarkan, bisa memicu  penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Jika total kolesterol Anda sudah telanjur tinggi, Anda dapat berupaya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi beragam sayuran penurun kolesterol seperti berikut:

Tomat

Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10%.

Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Buncis

Sayuran selanjutnya yang bisa dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol adalah buncis. Buncis adalah sayuran yang punya kadar lemak rendah atau juga mengandung lemak jenuh ganda. Selain itu sayuran tersebut juga adalah makanan sebagai sumber dari karbohidrat, hal ini dibutuhkan bagi para penderita yang memiliki penyakit diabetes atau juga resistensi insulin. Dengan mengonsumsi jus buncis sebanyak satu gelas dalam sehari maka bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Kedelai

Kedelai juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Kedelai sendiri merupakan sebuah makanan yang sering terkandung pada tahu, susu kedelai atau tempe yang bisa dijadikan sebagai salah satu dari makanan penurun kolesterol dan memang sudah terbukti ampuh. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung adanya osiflavin dimana fungsinya sendiri adalah untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh.

Terong

Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda dapat mengkombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh.  Selain itu, jangan lupa untukbselalu menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *