Ratusan Rumah Rusak Akibat Terjangan Puting Beliung di Cirebon

Antar Daerah157 views

Cirebon, Inionline.Id – Angin puting beliung menerjang wilayah Cirebon sebelum terjadi hujan lebat pada Minggu (30/12). Tercatat, satu warga tewas, sembilan warga luka-luka, dan 165 rumah rusak.

“Dampak puting beliung, satu orang tewas, sembilan orang mengalami luka-luka, dan 165 Rumah serta 2 Mushola mengalami kerusakan,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (30/12) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon dan personel dari TNI, Polri serta masyarakat tengah berupaya melakukan pembersihan puing-puing rumah. BPBD juga terus melakukan upaya pendataan serta mengevakuasi masyarakat yang rumahnya rusak ke tempat lebih aman.

“Tim masih melakukan pendataan berkoordinasi dengan pihak desa maupun relawan. Ada warga yang mengungsi sementara di Masjid Baiturrahman dan posko kesehatan di Puskesmas Panguragan” ujar Fauzan Koordinator Lapangan BPBD Cirebon.

Usai kejadian ini, kondisi cuaca di Cirebon berawan. Kondisi sebagian listrik pun mati dan masih dalam perbaikan. BNPB melakukan penanganan dengan mendata semua hal yang terdampak bencana di sekotar lokasi kejadian.

Masyarakat dihimbau agar menghubungi pusat layanan bencana di nomor telepon (0231) 8309887 apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *