Menikmati Sunset di Bukit Senja Gupit

Yogyakarta, Inionline.Id – Pantai Selatan Jogja cukup terkenal di kalangan wisatawan, terutama Pantai Parangtritis. Di kawasan Pantai Parangtritis tepatnya di sebelah timurnya, yaitu di Bukit Gupit atau terkenal dengan sebutan Bukit Paralayang Parangtritis.

Lokasi wisata yang terletak di Padukuhan Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari ini dapat menjadi solusi penghilang penat. Wisatawan disuguhkan panorama bentang alam berupa pemandangan garis pantai selatan yang dipadukan dengan merahnya langit di kala sunset.

Untuk bisa mencapai lokasi, pengunjung harus menempuh sekitar 30 kilometer ke arah barat daya pusat kota Wonosari atau jika pengunjung dari arah Yogyakarta harus menuju arah selatan dengan jarak tempuh yang tidak jauh berbeda.

Jarak yang hampir sama tersebut lantaran lokasi bukit ini berada di perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Lebih tepatnya, wisatawan dapat menuju arah Paralayang Watugupit. Kemudian sesampainya di lokasi parkir, wisatawan dapat mengikuti arah petunjuk menuju spot Bukit Gupit ini.

Belum banyak fasilitas yang ada di lokasi, hanya ada dua gazebo, dan beberapa kursi yang disediakan untuk menyaksikan hamparan pantai selatan. Untuk lahan parkir sudah tersedia hanya cukup membayar Rp. 3000, dan tak perlu membayar untuk masuk ke lahan tersebut.

Pemilik lahan, Evi mengatakan, lahan tersebut dulunya hanya tempat pakan ternak dan bebatuan saja. “Lahan ini milik pribadi, dulunya di sini itu alas (lahan) yang isinya tumbuhan untuk pakan ternak dan batu-batuan itu. Tapi karena banyak yang bilang pemandangan di belakang alas bagus saya sama saudara coba membersihkannya,” ujarnya.

“Bukanya pagi sampai tamu pulang, biasanya malam sampai isya, pokoknya habis tamunya baru tutup” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *