Manfaat Rutin Minum Kopi Untuk Kesehatan

Kesehatan157 views

Inionline.Id – Minum kopi sudah menjadi tren kekinian yang tidak hanya dijumpai di kota-kota besar, tapi juga di daerah. Hal tersebut terlihat dengan semakin menjamurnya kedai-kedai kopi. Selain enak rasanya, ternyata kopi juga berkhasiat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai macam varian kopi kini pun tersedia di berbagai kedai di seluruh penjuru Tanah Air, mulai dari kopi hitam hingga yang dicampur dengan bahan seperti susu. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sumatera, Jawa, dan Sulawesi adalah satu dari sekian pulau dengan kualitas biji kopi yang sudah tidak diragukan lagi di mata internasional.

Para ahli sebenarnya belum menemukan kata sepakat tentang berapa takaran aman konsumsi kopi. Ada yang menyebut 2 cangkir, ada yang memberi batas maksimal 4 cangkir.

Walau belum ada kesimpulan, namun studi-studi tentang pengaruh kopi terus dilakukan. Seperti yang terbaru dari tim peneliti University of Southampon. Disebutkan, sebenarnya kita bisa menikmati kopi cukup banyak dari jumlah yang sebelumnya dianggap aman atau sekitar 4 cangkir. Alasannya, manfaat keseluruhan konsumsi kopi lebih besar daripada risikonya, seperti tekanan darah tinggi.

“Rutin minum kopi akan mengurangi risiko Anda terkena berbagai jenis penyakit. Bahkan, minum kopi bisa membuat Anda berumur lebih panjang. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa minum kopi berkaitan dengan penurunan risiko kematian pada pria sebesar 20 persen dan pada wanita sebesar 26 persen” kata dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Berikut manfaat dari rutin minum kopi:

Sumber antioksidan yang baik

Menurut Beth Witherspoon, konsultan diet asal Amerika Serikat, konsumsi kopi rutin setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, demensia, sirosis, dan beberapa jenis kanker.

Para ahli bahkan menyebut kopi sebagai “obat ajaib” karena kemampuannya yang menakjubkan untuk mencegah penyakit tersebut. Pada dasarnya, seperti yang dikatakan dr. Theresia, asupan kopi membantu Anda hidup lebih lama.

Perlu diketahui bahwa manfaat kopi paling baik diperoleh dari kopi hitam. Agar antioksidan bekerja dengan baik, Anda harus mengonsumsinya tanpa tambahan bahan lain seperti krim, susu dan gula. Inilah kiat minum kopi yang efektif dapat melindungi otak Anda dari demensia.

Mencegah stres

Minum kopi mampu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian mental, membantu tetap terkonsentrasi, dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, kopi menjaga emosi tetap stabil dan menghindari dari pikiran buruk. Dengan rutin minum kopi, Anda akan terhindar dari risiko stres atau bahkan depresi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada 2013 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45 persen. Hal ini terjadi karena anggapan adanya efek stimulan kafein yang membantu meningkatkan suasana hati.

Merawat ingatan tetap sehat

Sementara efek positif kafein baik untuk mengasah kewaspadaan, perhatian, konsentrasi, dan suasana hati, kemampuannya untuk meningkatkan kualitas memori pun tidak boleh diremehkan. Hal ini sudah teruji berdasarkan sebuah studi yang dilakukan.

Dalam jurnal Nature Neuroscience , kafein mampu meningkatkan kinerja seseorang selama 24 jam dengan cara meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia.

Baik untuk meningkatkan kinerja fisik

Kafein alami dalam kopi telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik, terutama pada kemampuan aerobik atau daya tahan. Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatan produktivitas adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Pada akhirnya, kafein dapat meningkatkan performa selama latihan, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Kafein juga bereaksi dengan reseptor di otak untuk “mematikan” adenosine, yakni zat kimia yang menyebabkan sensasi lelah. Jadi, saat berolahraga, Anda tidak akan mudah lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *