Khasiat Jus Daun Pepaya

Kesehatan257 views

Inionline.Id – Untuk sebagian orang mungkin masih enggan untuk mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal, dibalik rasanya yang pahit daun pepaya kaya akan manfaat karena enzim dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dalam daun pepaya terdapat kalsium 7%, zat besi 5%, magnesium 3%, papain 3,3%, fitonutrien 7%, vitamin A 6%, vitamin C 8%, vitamin E 4%, dan vitamin K 4%.

Mengutip Stylecraze, jus daun pepaya dibuat dengan menghancurkan daun muda tanaman pepaya carica. Biasanya, ekstrak pekat ini dioleskan untuk mengobati alergi kulit, luka, bekas luka, noda, rambut rontok, ketombe, dan infeksi jamur atau bakteri. Ekstrak daun pepaya ini diencerkan dengan air agar jus terasa lebih lembut dan bisa Anda konsumsi.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi jus daun pepaya:

Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah sangat menurunkan jumlah trombosit darah dan ekstrak dari daun pepaya dikenal dapat meningkatkannya.

Penelitian telah membuktikan bahwa jus daun pepaya memberikan kontribusi signifikan dalam produksi dan meningkatkan jumlah trombosit.

Mengatasi kram menyiksa saat haid

Jus daun pepaya dipercaya dapat melancarkan haid dan mengurangi rasa nyeri. Jus ini juga disebut mampu menurunkan gejala pra-menstruasi syndrome (PMS).

Cara membuat ramuannya mudah, cukup sediakan selembar daun pepaya, sejumput garam dan asam.

Campurkan semua bahan ini dalam segelas air kemudian rebus hingga mendidih, dan minumlah saat sedang merasakan kram menstruasi yang parah.

Meningkatkan kinerja pencernaan

Daun pepaya juga kaya akan protease dan amilase. Enzim-enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral sehingga dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Sifat anti-peradangannya yang tinggi juga mengurangi peradangan lambung dan usus besar.

Mampu mengatasi masalah kulit

Jus daun pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A yang kaya nutrisi. Kandungan kaya nutrisi itu bakal meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya.

Jus daun pepaya mampu menekan aktivitas radikal bebas yang mengganggu kulit. Kehadiran senyawa karpain mampu membersihkan kulit dari racun dan melindungi wajah dari jerawat serta bintik hitam.

Menurunkan kadar gula darah

Jus daun pepaya dapat menjadi minuman baik bagi penderita diabetes karena kandungan insulinnya. Dalam kebanyakan kasus, diabetes kerap dikaitkan dengan kerusakan ginjal dan hati yang akibatnya fatal.

Sebagai langkah pencegahan, baiknya mengonsumsi daun pepaya dan mengolahnya menjadi jus untuk menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya.

Hal ini disebabkan, dalam daun pepaya terkandung enzim yang dapat mengatur produksi insulin dan mempertahankan tingkat gula dalam aliran darah. Antioksidan dalam daun pepaya juga berfungsi mencegah organ vital tubuh dari efek buruk diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *