Kebiasaan Sehari-Hari Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Kesehatan157 views

Inionline.Id – Menjaga kesehatan tubuh kita merupakan wajib hukumnya. Dengan tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran pun akan sehat, selaras, dan seimbang. Tubuh yang sehat juga dapat membuat Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa hambatan. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Selain dengan mengatur asupan gizi harian dan rutin berolahraga, Anda juga harus menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang diam-diam dapat merusak kesehatan.

Dilansir dari laman VeryWellHealth, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang tak Anda duga, yang sesegera mungkin harus Anda hentikan demi kesehatan tubuh Anda:

Makan berlebihan

Makan yang membuat kita kenyang merupakan hal yang lumrah. Tetapi, hal tersebut akan menjadi masalah ketika makan berlebihan menjadi suatu kebiasaan dan menyebabkan masalah kesehatan. Makan berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan berat badan. Kondisi tersebut rentan meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti, sleep apnea, osteoartritis, diabetes, penyakit ginjal, dan tekanan darah tinggi.

dr. Alvin Nursalim dari klikdokter mempunyai beberapa solusi untuk mengurangi keinginan untuk makan berlebih yaitu hentikan diet yang terlalu ketat. Makanlah berbagai jenis makanan yang Anda inginkan dalam jumlah sedikit secara berkala. Lalu berikutnya, Cari bantuan medis. Jika Anda merasa ada yang salah dengan kebiasaan makan Anda dan Anda selalu gagal mengatasinya, lebih baik cari bantuan kesehatan. Jangan biarkan masalah makan berlebihan membuat Anda jatuh pada kondisi kegemukan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Mengeluh

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology” menemukan hubungan antara perilaku percakapan yang berorientasi negatif dengan depresi. Disebutkan bahwa anak-anak yang cenderung terus-terusan berkonflik dengan teman-teman sebanyanya, lebih mungkin terdiagnosis depresi.

Studi lain pada tahun 2008 yang dipublikasikan dalam jurnal “Hormones and Behaviour”, menemukan bahwa berbicara dengan teman dalam konteks negatif dapat meningkatkan hormon stres, khususnya pada wanita. Berbicara dengan teman sebetulnya dapat mengurangi stres, tapi mengulang-ulang pembicaraan mengenai kesulitan yang tengah Anda hadapi, akan meningkatkan emosi negatif dan membuat diri Anda terjebak pada suasana hati yang buruk.

Mengenang sesuatu yang pilu

Tak ada hal baik yang didapat dari mengenang sesuatu yang memilukan. Dampaknya terhadap kesehatan psikologis terbukti lewat sebuah studi yang dipublikasikan melalui “Behaviour Research and Therapy” baru-baru ini.

Studi ini menemukan bahwa jika Anda hanya fokus secara kompulsif pada kesusahan ketimbang mencari solusi, akan rentan mengalami gejala depresi. Semakin banyak orang berpikir tentang peristiwa yang membuat stres, maka semakin besar kemungkinan mereka mengalami depresi.

Daripada buang-buang waktu mengingat hal-hal pilu yang pernah terjadi di kehidupan anda, lebih baik fokuslah pada hari ini dan masa depan.

Mengkritik diri sendiri

Apakah Anda selalu menyalahkan diri saat melakukan kesalahan? Anda selalu membuat daftar hal-hal yang seharusnya bisa Anda lakukan lebih baik? Selalu fokus terhadap kekurangan ketika bercermin? Mengkritik diri sendiri terlalu keras secara tidak Anda sadari bisa merusak kesehatan Anda, khususnya mental.

Sebuah studi tahun 2014 yang terbit dalam jurnal “Personality and Individual Differences” menemukan bahwa kritik diri yang terlalu keras dapat meningkatkan gejala depresi. Ubahlah segera cara berpikir Anda. Meski kebiasaan ini sulit dihentikan, tapi dengan tekad kuat, Anda dapat pelan-pelan belajar untuk menghargai diri dan lebih positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *