Hamparan Bunga Matahari di Kebun Bunga Matahari Kediri

Kediri, Inionline.Id – Kota Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang, sehingga tidak heran jika ada berbagai pilihan tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya yaitu Kebun Bunga Matahari. Kebun bunga matahari terletak di Jalan Selomangleng No.143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Lokasi Kebun Bunga Matahari Kediri tepat di samping Universitas Kediri dan gedung BNN Kota Kediri.

Di Kebun seluas 900 meter persegi ini terdapat sekitar 6.000 bunga matahari. Bunga ini memiliki ciri khas selalu tumbuh dan mekar tepat di ujung batang tanaman dan bentuknya yang melingkar dan sedikit miring seolah mengikuti arah matahari. Bunga ini dapat mekar hingga berdiameter 30 centimeter.

Pada awalnya tempat ini adalah lahan kosong yang kemudian digunakan untuk membudidayakan bunga matahari. Namun, tidak disangka setelah bunga ini mekar ternyata terlihat begitu indah dan mampu mengundang wisatawan untuk datang berkunjung.

Penggagas ide kebun bunga matahari ini adalah istri dari Wali Kota Kediri, Ibu Ferry Silviana Feronica. Ibu wali kota dibantu banyak pihak termasuk anggota PKK, mahasiswa, dan Earth Hour Kediri atau WWF untuk membuat kebun ini.

Untuk mendapatkan varietas bunga matahari yang terbaik, sebelum memutuskan menanamnya Ibu wali kota sempat melakukan survey. Di kebun ini sendiri terdapat tiga jenis bibit bunga matahari. Jenis bunga matahari yang ditanam di sini ada Big Smile, Early Russian, dan Sunspot.

Kebun bunga matahari sudah melalui proses pembenahan. Bentuk pembenahan yang sudah dilakukan diantaranya, adanya penambahan jumlah varietas tanaman jenis Hokilkultura antara lain tomat, kangkung, cabe, dan buah labu.

Bagi pelajar sekolah dasar ataupun taman kanak-kanak yang datang ke lokasi, akan mendapat edukasi secara langsung diperkenalkan mengenai jenis varietas tanaman hokilkultura sekaligus diberikan pembekalan mengenai tata cara penanaman.

“Saat ini setiap hari ada kunjungan sekitar 200 siswa pendidikan usia dini dan sekolah dasar,” kata Erly Maya Muryati selaku Kepala Kantor Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Untuk biaya masuk, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun. Hanya, jika membawa kendaraan pengunjung hanya dikenakan tarif parkir Rp. 2000 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *