7 Ruas Tol Trans Jawa Resmi Dibuka Hari Ini

Headline, Nasional357 views

Inionline.Id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya 7 ruas tol Trans Jawa, yang tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Jawa Tengah, ruas tol yang diresmikan Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer (km), Batang-Semarang sejauh 75 km, Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 km.

Sedangkan di Jawa Timur, ruas tol yang diresmikan adalah Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km dan Pemalang-Batang sepanjang 39,2 Km, Surabaya-Gempol, dan Jombang-Mojokerto.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan kondisi Tol Trans Jawa saat ini sudah sepenuhnya bagus dan tersertifikasi. Oleh karena itulah, jalan tersebut akan mulai dibuka untuk umum mulai Jumat (21/12).

Sebelum dibuka untuk umum, sejumlah ruas tol yang termasuk dalam bagian Tol Trans Jawa akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo Kamis ini. Ruas tersebut terdiri dari Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 kilometer (km), ruas Jombang – Mojokerto segmen Bandar-Kertosono sepanjang 900 meter, relokasi Jalan Tol Porong-Gempol sejauh 6,3 km, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan – Grati sejauh 13,65 km.

Setelah itu, Jokowi juga akan meresmikan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah yang terdiri dari ruas tol Batang-Semarang segmen Pasekaran-Simpang Susun Krapyak, dan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura. Total panjang ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah tercatat 142 km.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sugiyartanto menjelaskan ruas tol yang diresmikan itu akan dibuka gratis.

“Sampai dengan awal tahun, mulai besok sampai ke Surabaya yang hari ini diresmikan, yang tujuh ruas ini diantaranya masih free” Kata Sugiyartanto saat menunggu acara peresmian jalan tol di Jembatan Kalikuto, Batang, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *