Skybridge Tanah Abang Diuji Coba Hari Ini Untuk Pejalan Kaki

Inionline.id – Skybridge atau jembatan multiguna Tanah Abang akan diuji coba untuk pejalan kaki pada hari ini, Jumat (07/12). Perusahan Daerah (PD) Pembangunan Sarana Jaya berencana membuka skybridge selama sepekan untuk melihat efektivitas pemakaian lintasan skybridge oleh pejalan kaki.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan skybridge siap dilintasi para pejalan kaki, meski belum secara simbolis diresmikan Pemprov DKI Jakarta

“Besok (hari ini) itu bukan peresmian, tetapi pembukaan untuk umum, pejalan kaki, sebagai uji coba lintasan pemakaian JPM, termasuk lintasan jalan yang ada di bawah JPM,” kata Yoory melalui pesan singkat, Kamis malam.

Skybridge atau jembatan multi guna Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto diambil Jumat (30/11).(Foto/KOMPAS.com/RINDI NURIS VELAROSDELA)

Selama masa uji coba, skybridge akan dibuka bagi para pejalan kaki mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00. Sementara itu untuk perpindahan para pedagang ke atas skybridge, kata Yoory, rencananya akan dilakukan secara bertahap pada Sabtu (08/12) atau Minggu (09/12) mendatang.

Selanjutnya Yoory menyampaikan, skybridge Tanah Abang telah terhubung langsung dengan Stasiun Tanah Abang. Namun, PT Kereta Api Indonesia masih memproses pemindahan gerbang masuk stasiun (tapping gate).

Tapping gate masih dalam pekerjaan, jadi besok utamanya pembukaan JPM-nya, sedangkan untuk akses menunggu KAI menyelesaikan tapping gate,” tuturnya.

Yoory menambahkan, terkait peresmian skybridge baru akan dilakukan setelah gate atau pintu penghubungnya telah selesai dan siap digunakan.

“Iya (peresmian menunggu gate selesai) sambil juga melihat hasil uji coba dalam satu minggu ini,” ujar Yoory.

Skybridge nantinya akan ditempati oleh 446 PKL yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Jati Baru Raya. Pihak Sarana Jaya telah menyiapkan kios di atas skrybridge yang akan ditempati para PKL.

Dengan adanya skybridge Tanah Abang, PT KAI Daop 1 akan menggeser posisi 13 gate existing di Jalan Jatibaru Raya sejauh tujuh meter, mendekati loket. Keputusan pemindahan gate itu berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan PT KAI pada 23-29 November. Selain memindahkan gate, PT KAI juga akan membuat sebuah pintu penghubung antara Stasiun Tanah Abang dan skybridge.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *