Tim SAR Angkat Turbin Milik Lion Air JT 610

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Tim gabungan Basarnas, TNI-Polri dan KNKT berhasil mengangkat tiga kantong jenazah dan turbin pesawat Lion Air JT 610 PK-LQP dari perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Sabtu (3/11). Turbin tersebut ditemukan oleh LCU (landing craft utility) KRI Banda Aceh pada Sabtu sore.

“Kemarin jam 16.40 WIB ditemukan posisinya di kedalaman 32 meter,” ujar Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Bambang Trijanto saat ditemui di Posko Taktis JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu (4/11), dilansir CNN Indonesia.

Tim SAR berhasil angkat turbin Lion Air dari dasar laut. (Foto/Detik/dok Istimewa)

Turbin tersebut dibawa dalam keadaan sudah rusak. Turbin telah keluar dari cangkang dan bentuknya telah remuk. Bambang mengatakan pengangkatan dilakukan menggunakan balon udara. Turbin dikaitkan dengan balon, lalu balon diisi dengan kompresor agar bisa mengangkat beban maksimal 8 ton ke permukaan air.

Tim SAR Gabungan membawa temuan turbin pesawat Lion Air JT-610 ke Posko Taktis JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Sebelumnya, roda pesawat Lion Air JT 610 bagian belakang ditemukan dan diangkat lebih dulu, Jumat (2/11). Roda diangkat ke KRI Banda Aceh menggunakan crane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *