Jokowi Jajal Gesits, Motor Listrik Buatan Anak Negeri

Inionline.id – Presiden Joko Widodo menjajal sepeda motor listrik Gesits, hasil kerja sama Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Uji dilakukan usai bertemu dengan seluruh pihak terkait didampingi Menristekdikti M. Natsir di Istana Merdeka, Rabu (07/11).

Hadir dalam audiensi tersebut pihak Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh November sebagai pihak yang memproduksi motor Gesits. Gesits merupakan akronim dari Garansindo Electric Scooter ITS. Delapan motor listrik Gesits berwarna merah, hitam, dan putih terparkir rapi di samping Istana Merdeka. Jokowi melihat langsung bentuk motor listrik itu, mulai dari bodi, jok, tempat baterai, dan mengecek lampu motor.

Setelah itu, ia bergerak ke arah motor merah yang terletak paling depan dan mulai bersiap menguji coba langsung dengan mengenakan helm buatan Gesits. Menggunakan helm hitam, Jokowi asyik mengemudikan Gesits, yang digadang-gadang sebagai motor nasional karena 100 persen buatan Indonesia.

Presiden Jokowi mengendarai motor listrik Gesits (Foto/(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Selesai menjajal Gesits, Jokowi tak bisa menutupi perbedaan yang dirasakan ketika mengendarai motor listrik dan motor gede. Salah satunya suara. Saat dikendarai, motor yang sudah diuji jalan dari Jakarta hingga Bali ini memang minim mengeluarkan suara.

“Tadi saya coba karena enggak ada suara knalpotnya. Saya senang yang greng greng greng (suara knalpottadi enggak ada. Jadi agak bingung menyesuaikan enggak ada knalpotnya, enggak ada suara greng-grengnya halus sekali dan sangat ramah lingkungan,” tuturnya sambil tertawa.

Pemerintah menyambut baik produksi massal motor ini. Dalam setahun, Gesits disiapkan untuk diproduksi 5.000 per bulan atau 60.000 per tahun untuk pasar lokal.

“Langsung produksi. Pemerintah back up dalam artian urusan uji-uji itu biar cepat, izin-izin cepat,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi bahkan mengatakan bakal menjadi orang pertama yang membeli motor ini setelah resmi diproduksi massal dan dilepas ke pasar.

“Ini kalau sudah diproduksi saya pembeli pertama. Saya akan beli 100 (unit). Serius gimana. Warna-warni,” ucap Jokowi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *