PT Ceria Gandeng Dua Kontraktor Cina Bangun Smelter Di Kolaka

Ekonomi, Headline1657 views

Inionline.id-Jakarta-PT Ceria Nugraha Indotama menggandeng dua kontraktor asal Cina untuk membangun smelter di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Mereka menandatangani kerangka kerjasama (Framework Agreement) di Jakarta, Selasa (30/10/18).

“Kesepakatan kerangka kerja ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian rekayasa, pengadaan dan konstruksi atau engineering procurement construction (EPC) pada Desember 2018 sehingga kegiatan EPC sudah bisa dimulai pada Januari 2019,” kata Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama, Derian Sakmiwata.

Dua perusahaan kontraktor itu adalah WISDRI Engineering and Research Incorporation Limited, dan China ENFI Engineering Corporation. Selain pembangunan smelter, keduanya juga akan bermitra dengan PT Ceria terkait pengembangan pembangkit listrik serta sarana pendukung lainnya.

“Kedua perusahaan ini memiliki kemampuan teknis dan pengalaman dalam membangun smelter dan pembangkit listrik. Kami percaya dengan menggandeng kedua perusahaan ini kami bisa menyelesaikan proyek pembangunan smelter,” beber Derian.

Terkait investasi, PT Ceria menggelontorkan dana sekitar Rp 10 triliun untuk proyek tersebut. Harapannya, sambung Derian, pembangunan smelter dapat tuntas sesuai target yang dipatok oleh pemerintah.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan yang mengekspor konsentrat dan mineral kadar rendah, untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian di dalam negeri. Perkembangannya akan dipantau setiap satu semester.

Asal tahu saja, WISDRI Engineering pernah menangani proyek yang sama di Morowali, Sulawesi Tengah. Sedangkan China ENFI merupakan perusahaan yang punya portofolio membangun smelter dengan teknologi rotary kiln electric furnace (RKEF) di Myanmar.

Saat ini, PT Ceria tengah mengembangkan smelter feronikel untuk bahan baku galvanise dan baja nirkarat. Diproyeksikan juga, PT Ceria akan membangun pengolahan nikel kobalt untuk bahan baku baterei isi ulang. (Muf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *