Persahabatan Indonesia-Jepang, “Festival Indonesia” Digelar di Kawachinagano Jepang

Inionline.id – Persahabatan di antara masyarakat Indonesia dan Jepang terus berkembang dan menguat, termasuk di Kota Kawachinagano yang terletak di wilayah Prefektur Osaka bagian selatan. Salah satu karya nyata dari persahabatan ini adalah “Festival Indonesia” yang diinisiasi dan diselenggarakan komunitas persahabatan Indonesia dan Jepang di Kawachinagano, Luna Friendship Association.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Osaka dan Walikota Kawachinagano sepakat bahwa Festival Indonesia harus terus dikembangkan dan berlanjut sehingga menjadi acara tahunan bersama yang ditunggu-tunggu masyarakat kedua negara setempat.

Sejak pertama kali digelar tahun 2016, Festival Indonesia terus berkembang dan menarik minat banyak warga Kawachinagano. Di Tahun 2018 ini, pengunjung festival mencapai 500 orang baik dari kalangan warga Jepang setempat maupun WNI yang menetap di Osaka dan sekitarnya.

Di Festival Indonesia Kawachinagano, pengunjung menghabiskan waktu untuk menikmati beragam makanan khas Indonesia mulai dari nasi goreng, mie bakso, sate, nasi rawon, pempek, martabak hingga rendang. Beragam kesenian Indonesia seperti Bali, NTT dan Sumatera Utara serta paduan suara dan Angklung memeriahkan acara.

Di sela-sela acara, Konsul Jenderal RI Osaka menerima secara simbolik bantuan dari komunitas Gereja di Kawachinagano bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada para korban melalui Palang Merah Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *