Huaaahh! Sambal Bu ErTe Asal Tangsel Pedasnya Nagih

Kuliner157 views

Satu lagi produk makanan asal Tangerang Selatan (Tangsel) mengisi daftar kuliner di nusantara. Produk makanan ini cocok bagi pecinta kuliner pedas yakni, Sambal Bu ErTe yang diproduksi di Jalan Pepaya No.5, RT 03, RW 05, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel.

Sambal Bu ErTe yang memiliki keunikan nama dan rasa bakal membuat lidah bergoyang bagi pecinta sambal. Bagaimana tidak, sambal dengan varian rasa ini memiliki level super pedas. Seperti Sambal Bu ErTe rasa sambal bawang, sambal terasi, sambal teri medan, sambal teri jengki, dan sambal rawit ijo.

Produsen Sambal Bu Erte, Yati Maemunah mengungkapkan, sambal racikannya terbuat dari bahan bumbu dapur yang sangat sederhana seperti kebanyakan masyarakat membuat sambal.  Namun, Sambal Bu ErTe diakui warganya berbeda dengan sambal lainnya.

“Sesuai  di label produk saya, komposisi olahannya tidak ada yang dikurangi. Kalo ditanya soal rasa yang beda, mungkin beda tangan beda rasa. Dan saya sendiri yang langsung membuat dengan cara yang tradisional tanpa bantuan mesin (blender),” ungkapnya serambi tersenyum saat dijumpai di kediamannya oleh tangerangonline.id, Jumat (26/10/2018).

Ditanyai soal penamaan produknya yang unik, Yati menceritakan, nama produknya tak terlepas dari jabatannya sebagai Ketua RT di wilayahnya. Malahan kerap kali, ia dipanggil oleh tetangganya dengan sapaan akrab Bu RT. Hal inilah yang menjadi inspirasinya untuk menamai produk sambal racikannya.

“Awal usaha ini karena suami yang suka sambal, makanya sering buat sambal, hingga saat kumpul dengan tetangga sambal buatan saya dicoba, alhamdulillah bikin nagih tetangga. Terus dijadikan usaha dan nama produk ini tak terlepas dari panggilan saya sama warga, Bu RT,” cerita Yati.

Yati Maemunah dan produknya saat mengikuti pameran bazar di Jakarta

Yati mengatakan, produk yang digelutinya selama setahun lebih telah dipasarkan keberbagai luar daerah hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan negara tetangga lainnya. Pemasaran ini tentunya, lanjut Yati, tak terlepas dari peran pemerintah daerah dan asosiasi pelaku yang terus mendukung dan memfasilitasinya, baik dari aspek legalitas hingga pengetahuan tentang produk.

“Penjualan kita sudah berbagai daerah seperti Tangsel, Bandung, Bekasi. Malahan sudah ke luar negeri. Kita juga jual di online shop.  Perkembangan ini tentunya saya juga berterima kasih pada Pemda dan ASIPA (Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha (ASIPA) yang membantu mengembangkan produk saya,” ujarnya.

Dia juga berharap, kedepannya produk kuliner olahannya dapat berkembang dan mampu bersaing dengan produk lainnya. “Pengennya nanti buat resto t dan Sambal Bu ErTe tetap jadi andalan produk utamanya. Seperti Waroeng SS (Spesial Sambal) gitu. Doain ya!” harapnya. (Abi)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *