Teka-Teki Calon Wakapolri Baru

IniOnline.id – Seperti diketahui, Komjen Syafruddin telah diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan meninggalkan jabatannya sebagai Wakapolri, sejak Rabu (15/8/2018).

Beredar kabar bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang akan menduduki posisi Wakapolri yang baru. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen (Pol) Muhammad Iqbal mengatakan nama calon wakapolri pengganti Komisaris Jenderal Syafruddin yang selama ini beredar hanyalah isu belaka.

Akan tetapi, Iqbal mengatakan belum ada nama calon secara resmi. “Belum ada (nama wakapolri), tidak ada secara resmi, yang bergulir hanya isu,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menanggapi kabar itu, Ketua Presidium Indonesia Police Watch ( IPW) Neta S Pane mempermasalahkan jika rencana itu benar dilakukan. Sebab, menurut Neta, pengangkatan Idham tidak mempertimbangkan urutan kepangkatan dan jabatan atau urut kacang.

“Selama ini, pengangkatan orang nomor dua di Polri itu (Wakapolri) selalu diambil dari bintang tiga senior dan tidak pernah tidak urut kacang atau melompat dari bintang dua,” ujar Neta S Pane, melalui keterangan tertulis, Rabu (15/8/2018).

Menurut Iqbal, nama Wakapolri yang baru sudah diajukan oleh Kapolri Tito Karnavian kepada Presiden Joko Widodo dan sedang dalam tahap pembicaraan. “Jabatan Wakapolri sekarang ini sedang dikonsultasikan kepada presiden oleh Pak Kapolri karena jabatan tersebut adalah hak prerogatif Kapolri,” tutur Iqbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *